Rancang Bangun Kendali Motor Induksi 3 Fasa Berbasis PLC Dengan Metoda Pemograman Function Block Diagram

Authors

  • Toto Tohir Politeknik Negeri Bandung

Keywords:

Rancang bangun, motor induksi 3 fasa, pengendali, PLC, FBD

Abstract

Motor induksi 3 fasa merupakan salah satu motor listrik yang banyak digunakan di industri seperti conveyor, cruser dan vibrator karena memiliki beberapa keuntungan antara lain motor ini dari segi konstruksinya sederhana, mudah pemeliharaan, dan murah. Kelemahan utama dari motor jenis ini adalah arus startingnya yang cukup tinggi dan torsi awal yang rendah. Untuk mengatasi kelemahan tersebut diperlukan sistem pengasutan yang tepat untuk mengurangi arus starting dan menaikan torsi awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sistem pengasutan dengan menggunakan perangkat Programmable Logic Controller (PLC) dengan metoda pemograman Function Block Diagram yang terdiri dari sistem Direct On Line (DOL), Star Delta (Y-D) dalam bentuk modul peraga. Metoda penelitian yang dilakukan mulai dari perencanaan perangkat lunak dengan menggunakan aplikasi LogoComfort, perencanaan perangkat keras, pengawatan antar komponen, dan pengujian. Hasil pengujian diperoleh dengan menggunakan perangkat PLC menghasilkan arus star sebesar 21,6 amper kondisi pengasutan secara langsung, sedeangkan kondisi start-delta sebesar 1,3 amper. Dari hasil perencanaan dan pengujian disimpulkan sistem pengasutan motor induksi 3 fasa dengan menggunakan perangkat PLC lebih stabil jika dibandingkan dengan menggunakan saklar magnetik dan mudah dalam perbaikan jika terjadi kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B.L. Theraja & A.K. Theraja, “Electrical Technology”, S. Chand & Company Ltd, New Delhi, 1999.

Badruzzaman, Yusnan, “Pengasutan Konvensional Motor Induksi Tiga Fasa Rotor Sangkar Tupai”, JTET ISSN : 2252-4908 Vol. 1 No. 1 hal 41 – 47, 2012.

C.Umam, H.Sabari, dan S.Anggai, “Sistem Kendali Motor Listrik Untuk Mesin Crane Pada Trainer Berbasis PLC Untuk Pembelajaran Mahasiswa Elektronika”, Jurnal POLEKTRO: Jurnal Power Elektronik. ISSN: 2301-6949. Vol.7. No.1,. 2018.

G.Pinaryoga, M. Facta, dan S.Handoko, “Analisis Pengaruh Variasi Metode Pengasutan MotorTerhadap tegangan DIP yang Terjadi Pada Jaringan Kelistrikan PT. Pertamina RU VI Dengan Menggunakan Software ETAP 12.6. Transient”, ISSN: 2302- 9927, VOL.4, NO. 4, 2015.

Goh, H.H., Looi, M.S., Kok, B.C, “Comparison between Direct-On-Line, Star-Delta, and Auto-transformer Induction Motor Starting Method in terms of Power Quality”, Hongkong : Proceedings of the International Multiconference of Engineers and Computer Scientist (IMECS) Vol. II, 2009.

M S. Mumu, M. Pakiding, A. F. Nelwan, dan F. Lisi, “Evaluasi Arus Asut Υ-Δ dengan Kapasitor Tambahan pada Motor Listrik Pompa Reinjeksi di Area Panas Bumi Lahendong”, e-Jurnal Teknik Elektro dan Komputer : ISSN : 2301-840, 2014.

L.A.Bryan and E.A.Bryan, “ Programmable Controllers Theory and Implementation”, Second Edition by Industrial Text Company Published by Industrial Text Company. 1997.

S.J. Chapman, “Machinery Fundamentals”, 2nd Ed, McGraw-Hill International Edition, New York, 1991.

W. Xiaoyu, Y. Jing, X. Wilsun, and F. Walmir, “Practical Power Quality Charts for Motor Starting Assessment”, IEEE. Transactions on Power Delivery, Vol. 26, No. 2,April 2011.

Yandri, M. Ismail Yusuf, Kho Hie Khwee, dan Ayong Hiendro, “Perbandingan Pemilihan Komponen Pengasutan Motor Induksi Tiga Fasa antara Sistem Pengasutan Langsung ke Jala-Jala (DOL Starting) dengan Sistem Pengasutan Bintang Segitiga (Y-Δ Starting)”, (JEPIN): ISSN 2460-0741. Vol. 2, No. 2, 2016.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
T. Tohir, “Rancang Bangun Kendali Motor Induksi 3 Fasa Berbasis PLC Dengan Metoda Pemograman Function Block Diagram”, SENTER, pp. 501–511, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 2013 times
pdf (Bahasa Indonesia) 2308 times