Pengendali dan Monitoring Motor 3 Phase, Berbasis Scada Wonderware 10.1 dan Touch Panel Omron Type NB10-TW1B

Authors

  • Aeri Sujatmiko Universitas Islam ’45 Bekasi
  • Setyo Supratno Universitas Islam ’45 Bekasi

Keywords:

Programabble Logic Controller, pengaturan kecepatan motor induksi, touch panel, scada, NB Designer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat kendali berbasis PLC, yang dapat mengendalikan dan dapat memonitoring parameter motor induksi tiga phasa dengan touch panel atau layar sentuh dengan software aplikasi NB Designer.  Pengaturan kecepatan motor induksi 3 phasa yang dikendalikan dari touch panel atau programmable terminal dalam penelitian ini menggunakan inverter omron 0,2 Kw sebagai konverter frekuensi. Untuk kontrol menggunakan PLC Omron CP1E 20N. Perubahan frekuensi pada inverter diatur dengan mengatur perubahan bit switch yang merupakan fasilitas yang tersedia pada inverter ini. Pada inverter ini tersedia 3 bit switch untuk variasi kecepatan, sehingga pada penelitian ini variasi kecepatan yang digunakan adalah tujuh kecepatan. Pengendali motor dan hasil pembacaan putaran motor menggunakan  programmable terminal Omron NB 10 TWB. Pada penelitian ini pengujian kesalahan pengukuran yang terbaca pada programmable terminal, dengan cara membandingkan antara pengukuran dengan tachometer dan pembacaan yang terdapat pada Programmable Terminal (PT). Untuk menentukan penyimpangan baku atau standar deviasi dalam percobaan ini dilakukan dengan 5 sampel pada masing- masing keadaan. Dari percobaan yang ada didapat bahwa nilai penyimpangan baku atau standar deviasi rata- rata sebesar  25,000 dan rata – rata standar error sebesar 2,236.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nader N. Barsoum, Pin Rui Chin , Ethernet Control AC Motor via PLC Using LabVIEW, Journal Ica, 2011.

Dedid Cahya Happyanto, Dr, M.T., Mauridhi Hery Purnomo, Prof., Ir., M.Eng., Ph.D, Teknik Kendali Motor Tiga Phasa Berbasis Kecerdasan Komputasional Sebagai Penggerak Mobil Listrik, Graha Ilmu, 2014.

CP1E-series Built-in I/O CP1E CPU Units Operation Manual, OMRON, 2015.

Hugh Jack, Automating Manufacturing System With PLC, 2008.

SYSDRIVE MX2 Series User's Manual, OMRON, 2010.

Labview User Manual, National Instrument, 2005.

Programmable Terminal NB Designer Operation Manual Omron, Tahun 2014.

Published

27-01-2019

How to Cite

[1]
A. Sujatmiko and S. Supratno, “Pengendali dan Monitoring Motor 3 Phase, Berbasis Scada Wonderware 10.1 dan Touch Panel Omron Type NB10-TW1B”, SENTER, pp. 9–18, Jan. 2019.

Viewed

Abstract 511 times
PDF (Bahasa Indonesia) 1179 times