Rancang Bangun Pendeteksi Posisi Sudut dan Kecepatan Sesaat Dengan Menggunakan Rotary Encoder KY-040

Authors

  • Ilham Akbar Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Nanang Ismail Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tri D. Rachmilda Laboratorium Penelitian Konversi Energi Elektrik Intitut Teknologi Bandung

Keywords:

Encoder, KY-040, Arduino, Posisi, Kecepatan

Abstract

Pengukuran sudut putar pada benda yang berotasi cukup sulit dilakukan dengan menggunakan alat ukur sederhana seperti busur, apalagi jika digunakan untuk membaca sudut pada benda yang berat dan bergerak secara kontinu. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah alat ukur sudut dan kecepatan untuk mengatasi masalah yang dialami pengguna yang kesulitan membaca titik ukur pada alat ukur manual. Untuk mendapatkan posisi dan kecepatan sesaat dari pergerakan rotary encoder, maka dilakukan perancangan penentuan posisi dan pengukur kecepatan dari rotary encoder. Alat ini menggunakan mikrokontroller Arduino UNO dan rotary encoder KY-040 yang hasilnya ditampilkan melalui serial monitor. Prinsip kerja sensor ini adalah pulsa yang dihasilkan oleh rotary encoder dilacak pada arduino dan kecepatan sesaat didapatkan dengan waktu yang terjadi dan perubahan pulsa ketika program dijalankan.

 

Measuring the rotating angle of a rotating object is quite difficult to do using a simple measuring instrument such as an arc, especially if it is used to read angles on objects that are heavy and move continuously. The purpose of this study was to design an angle and speed measuring instrument to overcome the problems experienced by users who have difficulty reading the measuring points on manual measuring instruments. To get the position and instantaneous speed of the rotary encoder movement, a rotary encoder determines the position and speed measurement design. This tool uses an Arduino UNO microcontroller and a KY-040 rotary encoder whose results are displayed on a serial monitor. The working principle of this sensor is that the pulses generated by the rotary encoder are tracked on the Arduino and the instantaneous velocity is obtained by the time that occurs and the pulse changes when the program is run.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Riani, Fisika Dasar 1, Bandung: UNIKOM, 2008, p. 29.

M. A. Wijaya, "Impelementasi Fuzzy Logic Terhadap Pengukuran Kecepatan dan Arah Angin," Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC, vol. 5, p. 3, 2018.

A. Virgono, "Perancangan Sistem Pengendali Dan Monitoring Kecelakaan Mobil Berbasis

Vehicular Ad Hoc Network (Vanet) Menggunakan Sensor Limit Switch Dan Rotary Encoder," e-Proceeding of Engineering, vol. 3, p. 778, April 2016.

A. Ghany, "Desain Dan Implementasi Sistem Kontrol Putaran Motor Pada Gerak Simulator Gempa 3 Axis," CRANCKSHAFT, vol. 3, p. 26, 2020.

Published

08-01-2021

How to Cite

[1]
I. Akbar, N. Ismail, and T. D. Rachmilda, “Rancang Bangun Pendeteksi Posisi Sudut dan Kecepatan Sesaat Dengan Menggunakan Rotary Encoder KY-040”, SENTER, pp. 287–293, Jan. 2021.

Viewed

Abstract 1144 times
pdf (Bahasa Indonesia) 1402 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2