Auto Broadcast Reminder dan Pengaman Kantor Menggunakan Beacon Bluetooth dan Seluler

  • Angga Prianger Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanang Ismail Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lia Kamelia Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Auto Broadcast Reminder, Beacon Bluetooth, Arduino Nano, Magnetic Switch, Seluler

Abstract

Makalah ini membahas rancangan dan pembangunan sebuah sistem keamanan kantor dengan monitoring menggunakan jarigan telepon selular yang dilengkapi juga dengan sistem auto broadcast reminder. Alat ini dirancang untuk memudahkan penjaga kantor untuk pemberitahuan kondisi pintu rumah apabila ditinggalkan dalam keadaan kosong, media yang digunakan adalah handphone dengan memanfaatkan fasilitas panggilan ke nomor yang telah diatur. Sistem keamanan kantor ini terdiri dari sebuah sensor magnetic switch yang berfungsi sebagai inputan untuk memberitahukan kondisi pintu ke mikrokontroler. Mikrokontroler yang digunakan adalah Arduino Nano. Keypad yang berfungsi sebagai inputan berupa password dan modul GSM yang berfungsi sebagai pengirim panggilan ke nomor tertentu. Apabila ada orang yang tidak mempunyai password/kode sebagai akses masuk ke dalam rumah, maka system akan mengaktifkan peringatan/alarm dengan membunyikan buzzer serta mengirimkan panggilan ke nomor telepon yang telah deprogram pada mikrokontroler. Sistem keamanan ini juga dilengkapi dengan sistem auto broadcast reminder sebagai media untuk mendapatkan informasi penting melalui modul bluetooth beacon yang akan dikirimkan ke client yang telah memiliki aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. S. Desmira, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengingat Jadwal Pembayaran Angsuran Berbasis Sms Gateway,” vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2014.

Wahyu Widayanto, “Perancangan Aplikasi Pengingat berdasarkan Location Base Service Berbasis Android,” 2013.

A. FEBRIYUS, “Rancang Bangun Aplikasi E-Reminder Services (Layanan Pengingat Elektronik) Untuk Kegiatan Dosen (Studi Kasus: Jurusan Teknik,” 2013.

V. G. U. Taufik Ramadhan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal,” J. Teknol. Inf. dan Komunikasi, , vol. 5, pp. 47–55, 2014.
Published
2019-01-27
How to Cite
[1]
A. Prianger, N. Ismail, and L. Kamelia, “Auto Broadcast Reminder dan Pengaman Kantor Menggunakan Beacon Bluetooth dan Seluler”, Prosiding - Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 75-82, Jan. 2019.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 46 times
PDF (Bahasa Indonesia) 70 times