TestBed Open vSwitch Raspberry Pi Pada Skala Kecil

Authors

  • Dikla Sasta Wijaksa Jurusan Teknik Elektro, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rina Mardiati Jurusan Teknik Elektro, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanang Ismail Jurusan Teknik Elektro, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tutun Juhana Laboratorium Telematika STEI, Institut Teknologi Bandung

Keywords:

Open vSwitch, OpenFlow, Raspberry, Software Defined Network

Abstract

Testbed Open vSwitch dalam skala kecil pada Raspberry Pi dengan tambahan OpenDaylight sebagai kontroller. Piranti yang digunakan adalah raspberry pi yang telah diinstall dengan aplikasi Open vSwitch. Lalu dikonfigurasi untuk dijadikan sebuah switch OpenFlow yang dapat dikontrol dengan kontroller untuk sesuai kebutuhan. Dengan penambahan usb to eth sejumlah 2 buah untuk menguji apakah sebuah raspberry dapat digunakan sebagai Switch OpenFlow tersebut. Dengan menggunakan 2 client sebagai ujicoba dan 1 kontroller pc untuk digunakan sebagai pengontrol jaringan default. Hasil dari pengujian dengan menggunakan 2 client, 1 switch raspberry dan 1 controller didapatkan dengan menggunkan syntax ping akan didapatkan respon dari client 1 dengan client lainya. Lalu dilakukan ujicoba pada performansi Open vSwitch dengan menguji response time. Maka dari itu dengan menggunakan 4 devices dan 2 software kita sudah dapat membuat sebuah media ujicoba Software Defined Network sederhana yang dapat dikembangkan lebih lanjut kembali kehidupan masa datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

FIP - UPI, Ilmu & Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT. IMTIMA, 2007.

Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, “RISTEKDIKTI,” 7 September 2016. [Online]. Available: http://ristekdikti.go.id.

Linux Foundation Collaborative Projects, “Open vSwitch,” 7 September 2016. [Online]. Available: http://openvswitch.org.

STEI ITB, “STEI ITB,” 7 September 2016. [Online]. Available: https://stei.itb.ac.id.

A. S. W. D. J. Tanenbaum, Computer Networks, New York, Northeastern United States: Prentice Hall, 2011. [6] M. Richardson dan S. Wallace, Make: Getting Started With Raspberry Pi, Sebastopol: Maker Media, 2015.

Published

25-01-2018

How to Cite

[1]
D. S. Wijaksa, R. Mardiati, N. Ismail, and T. Juhana, “TestBed Open vSwitch Raspberry Pi Pada Skala Kecil”, SENTER, pp. 135–142, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 204 times
PDF (Bahasa Indonesia) 210 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>