Entropy Naskah Bahasa Sunda Dan Bahasa Jawa Untuk Kompresi Teks Menggunakan Algoritma Binary Huffman Code

Authors

  • Syura Fauzan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Saepulloh Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanang Ismail Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eki Ahmad Zaki Hamidi Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kompresi Teks, Entropy, Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Binary Huffman Code

Abstract

Kompresi adalah suatu teknik untuk memperkecil jumlah ukuran data dari data aslinya dengan tujuan agar lebih efektif dan lebih kecil dalam penyimpanan serta efisien dan lebih cepat dalam proses pentransmisian data. Paper ini membahas studi Entropy Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa untuk kompresi teks. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah dapat mengetahui Entropy bahasa Sunda sehingga dapat menjadi dasar untuk kompresi teks. Dalam makalah ini, digunakan algoritma Binary Huffman Code untuk menganalisis nilai entropy Bahasa Sunda dan Jawa. Pengkodean dengan metode Huffman Code dibangun dari panjang variabel kode-kode yang disusun dari bit-bit. Simbol yang memiliki nilai probabilitas lebih tinggi akan memperoleh kode-kode paling pendek, sedangkan simbol yang memiliki nilai probabilitas lebih rendah akan memperoleh kode-kode paling panjang. Hasil analisis menunjukan bahwa Entropy Bahasa Sunda sebesar 4.186 bits per simbol, sedangkan Entropy bahasa Jawa sebesar 4.101 bits per simbol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. E. Hutasoit. Huffman Coding untuk Kompresi Data Teks Berbahasa Indonesia. 2001.

C. E. Shannon, A Mathematical Theory of Communication. Bell Syst. Techn. J., 1948.

M. Kuruvila and D. P. Gopinath. Entropy of Malayalam Language and Text Compression Using Huffman Coding. 2014 1st Int. Conf. Comput. Syst. Commun. ICCSC 2014; no. December, pp. 150–155, 2003.

K. Sayood, Introduction to Data Compression. 2012.

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
S. Fauzan, M. Saepulloh, N. Ismail, and E. A. Z. Hamidi, “Entropy Naskah Bahasa Sunda Dan Bahasa Jawa Untuk Kompresi Teks Menggunakan Algoritma Binary Huffman Code”, SENTER, pp. 248-255, Jan. 2018.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>