Analisis Redaman Pada Sistem Fiber Optic Akibat Adanya Penambahan ST-Adapter

Authors

  • Herma Nugroho R A K Politeknik Kota Malang
  • Nurista Wahyu K Politeknik Kota Malang

Keywords:

fiber optic, redaman, insertion loss, patchcord, adapter

Abstract

Salah satu fakor penting yang mempengaruhi nilai daya pada sistem fiber optic adalah redaman. Rugi-rugi daya akibat redaman disepanjang link fiber optic akan menurunkan kinerja sistem bahkan bisa menyebabkan hilangnya informasi yang ditransmisikan. Oleh karena itu, pada makalah ini dilakukan penghitungan dan pengukuran nilai redaman disepanjang kabel fiber optic (patchcord) dengan penambahan adapter. Tujuan dari makalah ini yaitu menganalisis pengaruh adanya penambahan ST adapter terhadap nilai redaman pada sistem fiber optic dengan metode insertion loss pada kabel sepanjang 50 meter serta membandingkan hasil pengukuran tersebut dengan hasil perhitungan secara teori. Metode Insertion Loss di ukur dengan menggunakan Optical Power Meter akan dilakukan dengan cara mengganti kabel patchcord referensi dengan patchcord yang panjangnya 50 m. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai redaman dari yang dihasil melalui metode Insertion Loss sebesar 3.04 dB sedangkan hasil perhitungan dengan rumus redaman diperoleh redaman sebesar 2.582 dB.Hal ini menunjukkan bahwa penambahan ST-adapter pada sistem fiber optic akan meningkatkan nilai redaman atau dengan kata lain semakin panjang kabel yang ditambahkan pada sistem fiber optic maka nilai redaman akan semakin tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://www.anritsu.com/en-US/test-measurement/solutions/en-us/insertion-lossmeasurement-methods.

Crisp. John, “Introduction to Fiber Optics ”, 2nd Edition, London, 2001.

Hayes Jim, “Fiber Optics Technician’s Manual, 2nd Edition, 2007

Prasad. K, V, Principles of Digital Communication Systems and Computer Networks, Charles River Media, 2003.

Yanuari, T & Lidyawati, L, “Analisis Link Budget Penyambungan Serat Optik Menggunakan Optical Time Domain Reflectometer AQ7275”, Jurnal Teknik Elektro,Vol. 10, No. 1, pp. 36-40, 2018.

Kartiria, “Optimalisasi Jaringan Komunikasi Serat Optik Melalui Analisa Power Link Budget, Vol. 6, No.1, pp. 28-36, 2017.

Umaternate. I, Elliyati N. Rintania dan Mabud. Zulaeha, “Analisis Redaman Serat Terhadap Kinerja Sistem Komunikasi Serat Optik dengan Metode Power Link Budget pada Link Sofifi-Jailolo di PT. Telkom Sofifi”, Jurnal PROtek, Vol.04, No. 1, 2017.

Freeman. Roger, L, “Fundamentals of Telecommunications”, Second Edition, New Jersey. 2005

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
H. N. R A K and N. W. K, “Analisis Redaman Pada Sistem Fiber Optic Akibat Adanya Penambahan ST-Adapter”, SENTER, pp. 308–314, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 11553 times
pdf (Bahasa Indonesia) 3907 times