Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Manusia Pada Ruangan Menggunakan Raspberry Pi 3 Type B Dan Internet

Authors

  • Mufid Ridlo Effendi Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eki Ahmad Zaki Hamidi Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aria Alginusa Suhardi Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Raspberry pi, Pi camera, dropbox, sensor PIR

Abstract

Sistem pendeteksi manusia pada ruangan dalam penelitian ini adalah sebuah sistem kemanan yang diterapkan pada suatu ruangan di rumah atau kantor. Sistem pendeteksi ini menggunakan Raspberry Pi 3 Type B dan Sensor PIR sebagai pendeteksi gerak. Pi Camera digunakan sebagai pemantau keadaan rumah. Hasil perekaman disimpan di DropBox yang setiap saat dapat dilihat melalui smartphone ataupun Laptop. Dengan alat ini diharapkan pemilik rumah dapat meningkatkan keamanan rumah dan pemilik tidak perlu cemas ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Cara kerja alat ini adalah dengan menanamkan sensor PIR pada tempat yang biasa dilewati oleh orang, seperti pintu masuk misalnya. Ketika sensor PIR membaca ada pergerakan kemudian mengirimkan sinyal ke untuk diproses Raspberry dan mengirimkan notifikasi ke smartphone pengguna. Alat ini juga dilengapi dengan kamera sehingga pengguna dapat mengawasi keadaan ruangan di rumah atau kantor. Pengujian sistem ini menghasilkan deteksi sensor PIR maksimal 10m dengan waktu pemrosesan selama 2,38 detik dan delay notifikasi selama 13,33 detik. Suhu yang dapat dideteksi sesuai suhu tubuh manusia rata-rata yaitu sebesar 37,4°C. Format video yang dikirimkan ke DropBox adalah h264.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heba A. Kurdi. "Review of Closed Circuit Television (CCTV) Techniques for Vehicles Traffic Management". International Journal of Computer Science & Information Technology (IJCSIT) Vol. 6, No. 2, April 2014.

Edi Rakhman, Faisal Candrasyah, dan Fajar D. Sutera. 2014. Raspberry Pi,Mikrokontroler Mungil yang Serba Bisa. Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET

Wingky Firnando, Muhamad Mujahidin, Irdam Adil, dan Mohd Iqbal, Juni 2014. Jurnal : Rancang Bangun Kamera Monitoring untuk Menunjang Transportasi Pelabuhan Laut Berbasis Mini Komputer. Kepulauan Riau: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Tabrani dan Yarza Aprizal. 2014. Jurnal : Perancangan Monitoring Jarak Jauh Menggunakan Raspberry Pi dan Webcam Berbasis Internet. Palembang: STMIK PalComtech Palembang.

Egrit Nurcahyo Wijatsongko. 2014. Skripsi : Sistem Pemantauan Ruangan dengan Server Raspberry Pi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Andi Adriansyah, Mirzanu Rizki GM, dan Yuliza, 2014. Jurnal : Rancang Bangun danMAnalisa CCTV Online Berbasis Raspberry Pi. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Prima B. (2013), Perancangan Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Sensor PIR (Passive Infra Red) Berbasis Mikrokontroler [Jurnal Tugs Akhir]. Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji;.

Ridwan Fadjar Septian. 2013. Belajar Pemograman Python Dasar. Bandung: POSS.

Shadiq H Muhammad, Sudjadi dan Darjat. “Perancangan Kamera Pemantau Nirkabel Menggunakan Raspberry Pi Model B. Transient”, Vol.3, No. 4, 2014

Prihantono Rasyid Sindu. “ Rancang Bangun Sistem Keamanan dan Pengenalan Objek dalam Ruangan Sebagai Pengganti CCTV dengan Menggunakan Raspberry Pi.” Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No. 1, 2013

Ansari, Aamir Nizam; Mohamed Sedky; Neelam Sharma; Anurag Tyagi 2015, “An Internet of Things Approach for Motion Detection using Raspberry Pi”, International Conference on Intelligent Computing and Internet of Things (ICIT)

Wardhana, L. 2006, Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATmega8535 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi , Andi, Yogyakarta.

Published

18-01-2018

How to Cite

[1]
M. R. Effendi, E. A. Z. Hamidi, and A. A. Suhardi, “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Manusia Pada Ruangan Menggunakan Raspberry Pi 3 Type B Dan Internet”, SENTER, pp. 271–279, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 1435 times
PDF (Bahasa Indonesia) 802 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2