Prototipe Sistem Pelacakan Lokasi Parkir Kendaraan Di Gedung Bertingkat

Authors

  • Acep Muhammad Ihsan Kamal Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Bandung
  • Lia Kamelia Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Bandung
  • Mufid Ridlo Effendi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Bandung

Keywords:

Arduino, LCD, LED, system parkir, RFID-RC522, sensor HC SR-04

Abstract

Penunjang efektivitas dan efesiensi salah satu kebutuhan manusia yang memiliki kendaraan pribadi adalah ketersediaan informasi mengenai lahan parkir. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan dan menguji sistem pada lokasi parkir dalam bentuk prototipe. Komponen pengendali sistem terdapat pada Arduino Uno yang tersimpan pada ruang kontrol yang memanfaatkan pin digital dan analog untuk transmisi data. Komponen lain untuk system yaitu sensor HC SR-04, RFID-RC522, Liquid Crystal Display 16 x 2, dan Light Emitting Diode (LED). Pada sistem pelacakan dan penunjuk lokasi parkir sensor HC SR-04 apabila jarak antara mobil dan sensor kurang dari atau sama dengan 156 cm maka LED mati dan LCD menampilkan tulisan berupa informasi area parkir sudah ada yang terisi. Jika jarak lebih dari 156 cm maka LED akan berkedip dan LCD menampilkan tulisan berupa informasi nomor area dan slot parkir yang kosong. Hasil pengujian perbandingan antara sensor HC SR-04 dengan pengujian secara manual memiliki selisih rata-rata error sebesar 2 cm. pengujian rata-rata perbandingan antara tag blank card dengan tag keychain memiliki selisih error 0,25 cm. Apabila reader terhalang benda berupa kertas, plastik, kayu, karet debu, reader masih dapat dibaca kecuali reader terhalang benda dari bahan logam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Decy Nataliana, Iqbal Syamsu, Galih Giantara, “Sistem Monitoring Parkir Mobil Menggunakan Sensor Infrared Berbasis RaspBerry PI,” Elkomika, vol. 2, no. 1, p. 68, 2014.

F. A. Imbiri, N. Taryana, and D. Nataliana, “Implementasi Sistem Perparkiran Otomatis dengan Menentukan Posisi Parkir Berbasis RFId,” J. Elkomika, vol. 4, no. 1, pp. 31–46, 2017.

Arthur Daniel Limantara, Yosef Cahyo Setianto Purnomo, Sri Wiwoho Mudjanarko, “ Pemodelan sistem pelacakan LOT parkir kosong berbasis sensor ultrasonic dan internet of thing (IOT) pada lahan parkir di luar jalan,” in semantek, 2017, pp. 1–10.

Rudi Rudi, Irwan Dinata, Rudy Kurniawan, “Rancang Bangun Prototype Sistem Smart Parking Berbasis Arduino dan Pemantauan Melalui Smartphone,” JECOTIPE, vol. 4, no. 2, pp. 14–20, 2017.

G. R. Pradana, “Smart Parking Berbasis Arduino Uno,” Elektron. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2016.
M. T. Made Santo Gitarkama, S.T., Sistem Kendali. Singaraja: Graha Ilmu, 2013.

B. Arasada and B. Suprianto, “Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno” J. Tek. Elektro, vol. 6, no. 2, pp. 137–145, 2017.

Steven J. Sokop, Dringhuzen J. Mamahit, Sherwin R.U.A. Sompi, “Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” E-Journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 3, pp. 13–23, 2016.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
A. M. I. Kamal, L. Kamelia, and M. R. Effendi, “Prototipe Sistem Pelacakan Lokasi Parkir Kendaraan Di Gedung Bertingkat”, SENTER, pp. 576–583, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 310 times
pdf (Bahasa Indonesia) 272 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>