Sniffing Sinyal GSM dengan RTL-SDR, GNU Radio dan Wireshark

Authors

  • Yuli Apriyanti Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tutun Juhana Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung
  • Eki Ahmad Zaki Hamidi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

GNU Radio, GSM, Phone Tracker, RTL-SDR dan Wireshark

Abstract

Sebagai Negara yang terus berkembang Indonesia merupakan salah satu Negara dengan tingkat traffic komunikasi yang cukup besar, dengan jaringan sinyal GSM sebagai jaringan utama yang digunakan user untuk berkomunikasi satu user dengan yang lainnya. dalam jaringan GSM terjadi Pertukaran berbagai informasi, baik itu informasi yang bersifat umum hingga yang bersifat personal .Pada penelitian ini dilakukan percobaan sniffing sinyal GSM sehingga koordinat lokasi pengguna dapat diketahui. Sebelum dilakukan proses sniffing, terlebih dahulu melakukan scanning sinyal GSM menggunakan Gqrx untuk melihat range frekuensi sinyal GSM yang ada disekitar area pengamatan. Pada umumnya sinyal GSM berada pada range frekuensi 900 MHz. Proses sniffing pada system dilakukan dengan memanfaatkan RTL-SDR sebagai receiver sinyal GSM dan GNU Radio sebagai decoder sinyal GSM dan diteruskan oleh Wireshark sebagai analisator dari sinyal GSM dengan menggunakan filter GSM_TAP sehingga didapatkan informasi yang berupa Local Area Identification dan Cell Identify yang dapat digunakan untuk menemukan koordinat lokasi pengguna dengan memanfaatkan bantuan dari program phone tracker.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik.(2015). Jumlah Pelanggan Telepon Menurut Jenis Penyelenggaraan Jaringan 2010-2013. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1844

T, Fahkrudin. (2011). GSM (GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE). Medan : Universitas Sumatera Utara.

RTL-SDR. http://www.rtl-sdr.com/about-rtl-sdr/.

GNU Radio. http://gnuradio.org/about/.

Orebaugh, Angela, Gilbert Ramirez, Jay Beale. (2007). Wireshark & Ethereal Network Protocol Analyzer Toolkit. Canada: Syngress publishing, inc.

Oktavian, Fachrizal. 2015. Kali Linux: 300% Attack. Jakarta : Jasakom.

Krysik, Piotr. Manual compilation and installation. https://github.com/ptrkrysik/gr-gsm/wiki/Manual-compilation-and-installation.

Published

2018-01-25

How to Cite

[1]
Y. Apriyanti, T. Juhana, and E. A. Z. Hamidi, “Sniffing Sinyal GSM dengan RTL-SDR, GNU Radio dan Wireshark”, SENTER, pp. 78-85, Jan. 2018.

Most read articles by the same author(s)