Sistem Pneumatic Control Valve Pada Discharge Valve Main Cooling Water Pump (MCWP)

Authors

  • Komarujaman Komarujaman Jurusan Teknik Elektro
  • Nanang Ismail Jurusan Teknik Elektro
  • Atam Atam Supervisor Instrument & Control, PT Indonesia Power UPJP Kamojang

Keywords:

condenser level transmitter, system pneumatic, control valve

Abstract

PT Indonesia Power Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Kamojang merupakan salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang banyak menggunakan sistem pengontrolan dalam proses produksinya. Sistem pengontrolan sangat diperlukan dalam operasi-operasi pembangkit misalnya untuk pengontrolan tekanan, temperature, kelembapan, dan laju air dalam proses produksi. Sistem Pengontrolan otomatis saat ini tidak hanya diperlukan sebagai keamanan operasi, faktor ekonomi, efesiensi, tetapi telah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam suatu produksi pembangkitan.
Discharge Valve MCWP (Main Cooling Water Pump) merupakan tempat keluarnya air hasil kondensat yang akan dialirkan pada cooling tower untuk di normalkan suhu nya kemudian air dialirkan kembali ke kondenser dijadikan sebagai sistem pendingin, adapun sebagiannya airnya kemudian di injeksikan kembali kedalam tanah. Didalam jurnal ini membahas memahas secara umum proses Condenser Level Transmitter dan secara khusus menjelaskan proses implementasi sistem pneumatic pada proses control valve pada Discharge Valve Main Cooling Water Pump (MCWP) dengan beberapa komponen pendukung dalam operasional control valve ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ogata, Katsuhiko. Modern Control Engineering 5th Edition. 2010 Prentice-Hall,Inc. : United States of America.

A.R.Nurwachid, L.N. Mursid 2011. Merangkai Simulator Sederhana Kontroller Level Air Kondenser Di PT Indonesia Power UPJP Kamojang. 2011: Kerja Praktek. Fakultas Teknik Fisika. Universitas Gajah Mada.

F.S.Eva. Penggunaan Control Valve Pada Sterilizier dengan FIG 360-104 Untuk mengontrol Aliran Steam Di PTPN IV Unit Usaha Adolina Sumatera Utara. 2009 Tugas Akhir. Fakultas Teknik. Universitas Sumatera Utara Medan.

S.M.Ahmad. Analisa Sistem Kontrol Valve Pada Vessel 11V2 Di FOC1 PT Pertamina (PERSERO) Refinery 1V Cilacap. Kerja Praktek. Fakultas Teknik. Universitas Dipenogoro

https://ekoharsono.wordpress.com/2012/11/01/mengenal-instrumentasi-06-pneumatik-device-pneumatik-valve-positioner/. Diakses pada tanggal 26 juli 2016 09:06

www.tomoevalve.com. Diakses pada tanggal 02 September 2016, 22:33

Published

25-01-2018

How to Cite

[1]
K. Komarujaman, N. Ismail, and A. Atam, “Sistem Pneumatic Control Valve Pada Discharge Valve Main Cooling Water Pump (MCWP)”, SENTER, pp. 46–55, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 1536 times
PDF (Bahasa Indonesia) 5034 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2