Perancangan Sistem Deteksi Gas Karbon Monoksida Berbasis Mikrokontroler Arduino pada Kendaraan Roda Empat

  • Gregi Septian Teknik Elektro, Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Rina Mardiati Teknik Elektro, Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Mufid Ridlo Effendi Teknik Elektro, Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati
Keywords: detektor CO, Arduino, kabin mobil

Abstract

Gas Karbon Monoksida dengan rumus kimia CO merupakan senyawa zat kimia tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa yang berbahaya bagi tubuh manusia. Gas yang muncul akibat pembakaran mesin, dimana bila tidak terdapat oksigen (O) dalam sebuah reaksi senyawa karbon (C) dengan dioksida (O2) hal tersebut menyebabkan munculnya gas CO yang dapat memberikan efek samping
ringan hingga berat dengan mengikat hemoglobin sel darah manusia, beberapa kasus yang mengakibatkan korban jiwa gas CO muncul pada kabin mobil secara tiba-tiba bahkan tidak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi juga memberikan informasi kadar CO melalui 3 kategori status kondisi yang ditentukan yakni aman, waspada, dan bahaya yang mengacu pada tabel ISPU. Penggunaan hardware pada penelitian ini meliputi sensor jenis MQ-7 sebagai input, Arduino Uno sebagai mikrokontroler, LCD untuk menampilkan hasil deteksi dan status kategori, dan Buzzer alarm sebagai penanda bila hasil deteksi menunjukan status waspada atau bahaya. Pengujian dilakukan pada kondisi dalam dan luar kabin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa gas CO mampu terdeteksi dalam setiap kondisi untuk status aman rentang angka 16 sampai dengan 52 ppm, untuk status waspada pada rentang angka 123 sampai dengan 161 ppm, dan gas CO yang terdeteksi untuk status bahaya pada angka 399 ppm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. P. Statistik, “Data jumlah kendaraan bermotor,” Online, Jan. 2019. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133.

B. P. D. LINGKUNGAN, “Keputusan kepala bapedal no. 107 tahun 1997: Perhitungan dan pelaporan serta informasi indeks standar pencemar udara,” 1997.

F. Purwanto, R. Munadi, and U. Sunarya, “Perancangan dan implementasi sistem monitoring gas berbahaya pada mobil berbasis logika fuzzy menggunakan mikrokontroler,” eProceedings of Engineering, vol. 3, no. 3, 2016.

R. T. Setyawan, Y. Dewanto, and D. L. Zariatin, “Prototipe alat deteksi kandungan CO dan HC dalam kabin kendaraan menggunakan mikrokontroler Arduino”, Jurnal Ilmiah TEKNOBIZ, Vol 8, No. 2, 2018.

M. Bastomi and D. Nurhadi, “Desain dan pembuatan alat pendeteksi gas beracun CO dalam kabin mobil berbasis mikrokontroler”, Jurnal Teknik Mesin, Vol. 16, No. 2, 2010.

A. Perdana, A. F. Rochim, and E. D. Widianto, “Purwarupa system pemantau dan peringatan kadar gas karbon monoksida (CO) pada kabin mobil berbasis mikrokontroler ATMEGA 8”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom), Vo. 1, No.2, April 2013.

S. Widodo and D. Andrian, “Prototipe alat pendeteksi kebocoran gas beracun CO pada mobil menggunakan Array Sensor berbasis SMS Gateway”, Jurnal Pseudocode, Vol 2, No. 2, 2015.
Published
2020-03-20
How to Cite
[1]
G. Septian, R. Mardiati, and M. R. Effendi, “Perancangan Sistem Deteksi Gas Karbon Monoksida Berbasis Mikrokontroler Arduino pada Kendaraan Roda Empat”, SENTER, pp. 569-575, Mar. 2020.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 2 times
pdf (Bahasa Indonesia) 1 times