Motor Induksi Phasa Tiga Sebagai Kontrol Posisi dengan Antarmuka Web Sebagai Pemantau dan Pengontrol

Authors

  • Setyo Supratno Universitas Islam 45 Bekasi
  • Aeri Sujatmiko Universitas Islam 45 Bekasi

Keywords:

HMI, web server, PLC, inverter, kontrol posisi

Abstract

HMI merupakan perangkat lunak antar muka berupa Graphical User Interface berbasis komputer yang menjadi penghubung antara operator dengan mesin atau peralatan yang dikendalikan dan bertindak pada level supervisory. Dalam industri proses, desain tampilan yang menunjang kinerja tinggi pada HMI berfokus pada penyediaan maksimum jumlah informasi yang efektif terkait dengan mesin/ proses. HMI pada sistem kontrol posisi dengan web interface ini menggunakan perangkat keras HMI Omron NB7W-TW00B, NB-Designer sebagai program HMI, PLC CP1E-N20DCR-A, TL-WA801ND 300 Mbps dan Inverter 3 phasa Omron 3G3MX2 0,2 KW. CX-Programmer sebagai program PLC, NB Desigener sebagai program HMI NB Series. Internet ekplorer sebagai web browser. Komunikasi antar perangkat menggunakan komunikasi serial antara HMI dan PLC menggunakan kabel RS-232, sedangkan koneksi HMI dengan komputer menggunakan kabel USB. Komunikasi antara HMI dengan Acces Point TP Link menggunakan Ethernet. Komunikasi HMI dengan handphone menggunakan wifi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Setiawan, Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol, Edisi 1, Yogyakarta, Indonesia: Penerbit ANDI, 2005

K. Kamel dan E. Kamel, Programmable Logic Controllers Industrial Control, USA: McGraw-Hill Education, 2014

Sysmac CP Series CP1E CPU Unit Hardware User’s Manual, OMRON Corporation, Tokyo, Japan, 2009

Sysmac CX-Programmer Ver. 9.2 Operation Manual, OMRON Corporation, Tokyo, Japan, 2012

Endang Suryawati dan Rika Sustika, Perangkat Lunak HMI untuk Supervisory Control pada Plant Biodesel, P2 Informatika-LIPI, Mei 2012.

HMI Standard. Available in http://icsweb.sns.ornl.gov/hmi/hmistandard.pdf diakses 5 April 2015.

Paul Gruhn P.E., Human Machine Interface (HMI) Design: The Good, The Bad, and The Ugly (and what makes them so), Presented at 66th Annual Instrumentation Symposium for The Process Industries, January 2729, 2011.

Programmable Terminal HMI Omron Setup Manual Revised April 2013, Omron Corporate, 2011.

NB Series Catalogue Programmable Terminal, Omron Corporate, 2011

SYSDRIVE MX2 Series User's Manual, OMRON, 2010.

Kartika Kusuma Winahyu, Aris Triwiyanto dan Budi Setiyono, Desain HMI (Human Machine Interface) Omron NB7W-TW00B Pada Plant Filtrasi Menggunakan Modul Ultrafiltrasi, Universitas Diponegoro Semarang, 2015.

Faluni Aulia, Setyo Supratno dan Fitria Suryatini, HMI SCADA berbasis Web Menggunakan Vijeo Designer, Universitas Islam 45 Bekasi, JREC Vol.5 No.2

Programmable Terminal, Operating Instruction Web Interface, Omron Corporate, 2013.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
S. Supratno and A. Sujatmiko, “Motor Induksi Phasa Tiga Sebagai Kontrol Posisi dengan Antarmuka Web Sebagai Pemantau dan Pengontrol”, SENTER, pp. 31–37, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 255 times
pdf (Bahasa Indonesia) 1095 times