Perancangan Antena Telex Frekuensi 142,000 Mhz Untuk Aplikasi Komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia

Authors

  • Sri Marini Universitas Islam "45" Bekasi
  • Abdul Hafid Paronda Universitas Islam "45" Bekasi
  • Andi Hasad Universitas Islam "45" Bekasi
  • Setyo Supratno Universitas Islam "45" Bekasi
  • Toufiqurrohman Toufiqurrohman Universitas Islam "45" Bekasi

Keywords:

Antena Telex, RAPI, Antena Omnidirectional, radio komunikasi

Abstract

Radio Antar Penduduk Indonesia adalah organisasi sosial nirlaba di Indonesia yang beranggotakan pengguna perangkat radio komunikasi. Keberadaan RAPI diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia melalui berbagai peraturan perundang-undangan. Radio komunikasi merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat diandalkan di segala medan untuk banyak keperluan diantaranya pengaturan lalu lintas, kebencanaan dan tanggap darurat. Penggunaan radio komunikasi dapat dilakukan pada berbagai medan dan pancarannya dapat diterima dengan baik oleh pengguna lain dalam area yang luas. Perancangan antena Telex yang di tujukan untuk Radio komunikasi, Untuk mendukung komunikasi antar Anggota RAPI sinyal harus jernih Serta Jangkauan yang jauh. Untuk mendukung Komunikasi antar anggota RAPI dirancang Antena Telex. Antena dapat bekerja dengan baik pada rentang frekuensi 142-143,6 MHz. Antena didesain untuk mendapatkan parameter antena yang memiliki nilai 1 ≤ VSWR ≤ 2, gain ≥ 3dB dan pola radiasi yang bersifat omnidirectional. Antena Telex memiliki dua elemen vertikal berupa batang konduktor aluminium dengan panjang 5/8λ = 2 m, keduanya tersambung dengan Balun (Balance Unbalance) yang berfungsi untuk matching. Bagian bawah antena terdapat ground plane sebanyak 8 batang konduktor dengan panjang masing-masing yaitu 1/4λ = 50 cm. antena Telex menghasilkan RL = -24 dB dan VSWR = 1,13. Gain antena sebesar 3,10 dB pada Range frekuensi 142-143.6 MHz. berpola radiasi omni directional. Hasil pancaran antena yang dirancang dapat diterima dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiprayoto, Rudy, Perbaikan Performansi Antena Telex 2 M-Band dengan Modifikasi Sudut Ground Plane Kerucut, Tugas Akhir, Universitas Mataram, Mataram, 2005.

Alaydrus, Mudrik., Prinsip dan Aplikasi Antena, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2011.

Balanis, A.C., 1989, Antena Theory: Analysis And Desagn, Harper & Row, New York. Carr, J.J., 2011, Practical Antenna Handbook, Fourth Edition, McGraw-Hill, New York. Hillbun, Michael., 2010,

Nugroho Budi, Perancangan Antena Monopole 900 MHz Pada Modul ARF 7429B, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Putra, A.I, Analisa Karakteristik Induktor Toroid Pada Rangkaian Booster, Tugas Akhir, Universitas Indonesia, Depok, hal. 8. 2014,

Stutzman, W.L., 1981, Antenna Theory and Design, John Wiley & Sons, New York.

Susilawati, Eka, Analisa Karakteristik Emisi Antena Telex Susunan Vertikal (Vertikal Array) Dan Susunan Horisontal (Horizontal Array), Tugas Akhir, Universitas Mataram, Mataram. 2005.

Setiawan, Budi., 2009, Pembuatan Antena 5/8λ Pada Band VHF (30-300 MHz) Dengan Sistem Polarisasi Circular, Tugas Akhir, Universitas Diponegoro, Semarang.

Carr, J.J., 2011, Practical Antenna Handbook, Fourth Edition, McGraw-Hill, New York. Hillbun, Michael., 2010, Practical Antennas: Antenna Measurements.

Alaydrus, Mudrik., 2011, Prinsip dan Aplikasi Antena, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Published

2020-03-20

How to Cite

[1]
S. Marini, A. H. Paronda, A. Hasad, S. Supratno, and T. Toufiqurrohman, “Perancangan Antena Telex Frekuensi 142,000 Mhz Untuk Aplikasi Komunikasi Radio Antar Penduduk Indonesia”, SENTER, pp. 84-90, Mar. 2020.