Sistem Pemantauan dan Pengendalian Kualitas Air Pada Cooling Tower Berbasis IoT

Authors

  • M. Syamsyuri M. Syamsyuri Universitas Islam 45 Bekasi
  • M. Aulia Wicaksono Universitas Islam 45 Bekasi
  • Aeri Sujatmiko Universitas Islam 45 Bekasi
  • M. Amin Bakri Universitas Islam 45 Bekasi

Keywords:

Regenerasi Air, Kualitas Air, Sensor TDS, IoT, Thingspeak

Abstract

Di dalam instalasi pendingin terdapat unit pendingin (heat exchanger) dan menara pendingin (cooling tower). Pendinginan keseluruhan adalah air hangat yang berasal dari penukar panas dialirkan ke menara pendingin untuk meluncurkan panas ke udara. Sedangkan pelepasan kalor dilakukan, tentu saja diikuti dengan cara penguapan air yang tidak henti-hentinya sehingga volume air untuk pendinginan menjadi lebih sedikit dan keruh, sehingga kualitas air didalam cooling tower perlu dijaga karena jika konsentrasinya sudah melewati batas kejenuhan akan menimbulkan masalah pada unit alat pendingin lainnya. Pengukuran kualitas air dilakukan dengan mengunakan sensor TDS dan sistem kontroler pengendalian menggunakan arduino uno, sedangkan untuk sistem pemantauan menggunakan kontroler wemos D1R1 dimana data hasil pengukuran dikirimkan ke web thingspeak sebagai penyimpanan data yang dapat diakses secara online. Berdasarkan hasil pengujian, sensor tds memiliki tingkat akurasi 96.80% dan hasil pengujian sistem akurasi kontroler memiliki tingkat keberhasilan 100%. Untuk performansi IoT, Wemos mengirimkan data setiap 15 detik sekali dan terdapat delay pengiriman ke thingspeak selama 5 detik sehingga data sensor bisa dikatakan realtime

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. G. Kröger, “AIR-COOLED HEAT EXCHANGERS AND COOLING TOWERS.”

Y. I. Cho, S. Lee, W. Kim, dan S. Suh, “Physical Water Treatment for the Mitigation of Mineral Fouling in Cooling-Tower Water Applications.” [Daring]. Tersedia pada: http://dc.engconfintl.org/heatexchanger/4

J. C. Hensley, “Cooling Tower Fundamentals Compiled from the knowledge and experience of the entire SPX Cooling Technologies staff. Edited by.”

* Novima, N. Aini, D. Siswanto, dan G. Priyandoko, “Monitoring Kualitas Air pada Cooling Tower untuk Mendukung Pengendalian Proses Blowdown berbasis Internet of Things (IoT),” Seminar Nasional Fortei Regional, vol. 7.

J. Daniel Arthur, P. G. Bruce Langhus, dan C. Chirag Patel, “TECHNICAL SUMMARY OF OIL & GAS PRODUCED WATER TREATMENT TECHNOLOGIES.”

“BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA.” [Daring]. Tersedia pada: www.djpp.depkumham.go.id

M. Engkos Kosim, D. Prambudi, dan R. Siskayanti, “Analisis Efisiensi Penukar Ion Sistem Demineralisasi Pada Pengolahan Air di Proses Produksi Electroplating,” 2021.

A. G. Chmielewski, T. S. Urbański, dan W. Migdał, “Separation technologies for metals recovery from industrial wastes,” Hydrometallurgy, vol. 45, no. 3, hlm. 333–344, 1997, doi: 10.1016/s0304-386x(96)00090-4.

R. S. Putra, “ANALISA PERHITUNGAN BEBAN COOLING TOWER PADA FLUIDA DI MESIN INJEKSI PLASTIK,” 2015.

R. Alfaro Tamasoleng, E. K. Allo, J. O. Wuwung, dan J. Teknik Elektro, “Rancang Bangun Alat Monitoring Nilai Air Pada Kolam Renang Berbasis IoT.”

Downloads

Published

19-11-2023

How to Cite

[1]
M. S. M. Syamsyuri, M. A. Wicaksono, A. Sujatmiko, and M. A. Bakri, “Sistem Pemantauan dan Pengendalian Kualitas Air Pada Cooling Tower Berbasis IoT”, SENTER, pp. 170–179, Nov. 2023.

Viewed

Abstract 57 times
pdf 27 times