Prototipe Jemuran Pakaian Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT)

Authors

  • Muhammad Farhan Universitas Islam “45”
  • Sarwin Sarwin Universitas Islam “45”
  • Andi Hasad Universitas Islam “45”
  • M. Amin Bakri Universitas Islam “45”

Keywords:

Jemuran Otomatis, IoT, NodeMCU, Motor Servo, Kipas DC

Abstract

Pemanasan global baru-baru ini telah menyebabkan perubaha n musim. Musim yang tidak stabil membuat perkiraan cuaca menjadi sulit diprediksi. Kondisi ini menjadi masalah bagi masyarakat yang sedang menjemur pakaian, terutama pada saat penghuni rumah sedang bepergian kemudian cuaca menjadi tidak baik atau turunnya hujan. Dalam mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah perangkat jemuran pakaian otomatis berbasis IoT yang mampu mengendalikan atap dan kipas pada jemuran berdasarkan tingkat kecerahan cahaya, tetesan air dan tingkat kelembaban. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu perancangan alat, perakitan alat dan pengujian alat. Hasil dari penelitian ini, telah berhasil dirancang alat prototipe jemuran pakaian otomatis dan dapat memonitoring sensor menggunakan aplikasi Blynk. Kesimpulan dalam penelitian alat ini menggunakan tiga kondisi yaitu hujan, mendung dan lembab. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi tiga kondisi tersebut menggunakan sensor Raindrop, sensor LDR dan sensor DHT11. Alat ini dapat bekerja dengan membuka atap, menutup atap, menyalakan kipas dan mematikan kipas. Komponen mekanik tersebut menggunakan motor servo dan kipas DC 5V. Pengujian pada motor servo saat membuka atap jemuran membutuhkan waktu 0,96 detik dan saat menutup atap jemuran membutuhkan waktu 1,01 detik, kemudian pengujian dari kipas DC pada saat menyala membutuhkan waktu 0,81 detik dan pada saat kipas mati waktu yang didapat 0,83 detik. Berdasarkan nilai error yang di dapat pada komponen sensor DHT1 mendapatkan nilai error terendah 12,85% dan dengan nilai error terbesar 17,39%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahri R. Ichtiar Dwi, F. Trias Pontia W, dan Bomo Wibowo Sanjaya, “RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT PENJEMUR PAKAIAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT),” Jurnal Teknik Elektro Untan, 2019.

S. Bustommy dan Bosar Panjaitan. S.Si. M.Kom, “RANCANG BANGUN JEMURAN OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DAN MIKROKONTROLER,” Jurnal Satya Informatika, vol. 6, no. 1, hlm. 1–9, 2021.

M. Syarmuji, Ir. Sumpena MM, dan Ir. Raden Muh Sultoni, “SISTEM JEMURAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO,” Jurnal Teknologi Industri, vol. 11, no. 1, 2022.

Y. Hendrian, Yusuf Pribadi Yudatama, dan Violetta Surya Pratama, “Jemuran Otomatis Menggunakan Sensor LDR, Sensor Hujan Dan Sensor Kelembaban Berbasis Arduino Uno,” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, vol. 6, no.1, 2020.

M. Artiyasa, A. Nita Rostini, dan A. Pradifta Junfithrana, “APLIKASI SMART HOME NODE MCU IOT UNTUK BLYNK,” Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, vol. 7, no.1, no. 1, hlm. 1–7, 2020.

A. Sanaris dan I. Suharjo, “Prototype Alat Kendali Otomatis Penjemur Pakaian Menggunakan NodeMCU ESP32 Dan Telegram Bot Berbasis Internet of Thing (IOT),” Jembatan Merah No. 84C, vol. vol.1, no.1, 2020.

D. Aribowo, Gigih Priyogi, dan Saeful Islam, “APLIKASI SENSOR LDR (LIGHT DEPENDENT RESISTOR) UNTUK EFISIENSI ENERGI PADA LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM,” Jurnal PROSISKO, vol. 9, no.1, 2022

A. Y. Rangan, Amelia Yusnita, dan Muhammad Awaludin, “Sistem Monitoring berbasis Internet of things pada Suhu dan Kelembaban Udara di Laboratorium Kimia XYZ,” Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), vol. 4, no. 2, hlm. 168–183, Des 2020.

R. Ramdan, L. Lasmadi, dan P. Setiawan, “Sistem Pengendali On-Off Lampu dan Motor Servo sebagai Penggerak Gerendel Pintu Berbasis Internet Of Things (IoT),” AVITEC, vol. 4, no. 2, hlm. 211, Agu 2022.

A. Tri Putra dan J. Hamka Air Tawar, “Penggunaan Aplikasi Ubidots untuk Sistem Kontrol dan Monitoring pada Gudang Gula Berbasis Arduino UNO,” vol. 2, no. 1, 2021.

Y. Novriandry, Dedi Triyanto, dan Suhardi, “PROTOTYPE SISTEM MONITORING DAN PENGISIAN TOKEN LISTRIK PRABAYAR MENGGUNAKAN ARDUINO UNO BERBASIS WEBSITE,” Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 8, no. 3, no. 3, hlm. 61– 72, Okt 2020

Downloads

Published

19-11-2023

How to Cite

[1]
M. Farhan, S. Sarwin, A. Hasad, and M. A. Bakri, “Prototipe Jemuran Pakaian Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT)”, SENTER, pp. 23–32, Nov. 2023.

Viewed

Abstract 104 times
pdf 71 times