Sistem Pemantauan dan Pengendalian Pemberi Pakan Dua Tingkat dan Keasaman Air pada Model Tambak Udang dengan Teknologi IoT

Authors

  • Yoseph Surya Bandang Program Studi Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta
  • Damar Widjaja Program Studi Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Keywords:

Pemberi pakan, Keasaman air, Tambak udang, Pemantauan, Pengendalian, IoT

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas budidaya yang saat ini perkembangan budidayanya meningkat sangat pesat. Banyak pengusaha kecil maupun besar yang sekarang aktif atau terjun ke budidaya udang sebagai lahan bisnis. Salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas tambak udang adalah pemantauan dan pengendalian pemberian pakan pada udang serta kualitas air pada tambak udang. Pemberian pakan berlebih dan kualitas air yang buruk dapat memicu kematian pada udang. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk mengendalikan dan mengawasi pakan yang diberikan pada udang serta menjaga tingkat keasaman pada air kolam untuk menjaga kesehatan udang. Sistem pengendalian dan monitoring ini menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai pusat pemrosesan data. Berat pakan yang diberikan berdasarkan umur udang. Data berat pakan ini diukur oleh
sensor load cell. Pengukur tingkat keasaman air menggunakan dua buah sensor pH SEN0161. Hasil dari pengukuran berat dan nilai pH nanti akan ditampilkan di OLED dan aplikasi Blynk untuk pengawasan secara jarak jauh. Dari hasil pengujian sistem dapat disimpulkan bahwa sistem pemantauan dan pengendalian pemberian pakan dan keasaman air dapat bekerja dengan baik. Sistem pemberian pakan dapat bekerja dengan baik, dengan error pemberian pakan aquarium pertama sebesar 2,86% dan ratarata error untuk aquarium 2 sebesar 2,75%. Error Steady State (Ess) dari pengujian asam ke netral sebesar 0,4%. Error Steady State (Ess) dari pengujian basa ke netral sebesar 0,59%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Juanda, Muhammad Zenny Prananda, dkk. 2023. Sistem Otomatisasi Pengolahan Tambak Udang Dengan Pengaturan Sirkulasi Air, Ketinggian dan Pemberian Pakan Terintegrasi Internet of Things. Jurnal Informatika dan Perancangan Sistem (JIPS), Vol. 5, No. 2.

Lekswina, Febby. 2020. Sistem Pemberian Pakan Dua Tingkat Untuk Ikan Koi Dengan Kendali Jarak Jauh. Tugas Akhir. Universitas Sanata Dharma.

I. Arditya, T.A. Setyastuti, F. Islamudin, and I. Dinata, “Design of Automatic Feeder for Shrimp Farming Based on Internet of Things Technology,” International Journal Mechanical Engineering Technologies and Applications, vol. 2, no. 2, pp. 145-151, 2021.

Abdul Rofiq, Andi Shulfah, dkk. 2020. Rancang Bangun Automatic Fish Feeder Berbasis Arduino. Journal of Electrical Engineering, Vol.1, No. 1.

F.L. Toruan and M. Galina, “Internet of Things-Based Automatic Feeder and Monitoring of Water Temperature, pH, and Salinity for Litopenaeus Vannamei Shrimp,” Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer, Vol. 7, Issue 1, June 2023, page. 9-20.

Bir, J., Golder, M.R., Biswas, S.K., Islam, S.S., Kumar, R. dan Huq, K.A., “Application of probiotics and prebiotics for promoting growth of Tiger shrimp (Penaeus monodon): an approach to eco-friendly shrimp aquaculture,” Int. J. Agril. Res. Innov. Tech. 10(2):15-20, ISSN: 2224-0616.

Putri, Novia Indriani. 2020. Sistem Monitoring Dan Pengendalian Jarak Jauh Tingkat Keasaman Dan Salinitas Kolam Ikan Koi. Tugas Akhir. Universitas Sanata Dharma.

The Internet of Things: Getting Started with Blynk (tinycircuits.com). (diakses pada tanggal 20 November 2023).

Moses Gregoryan, Justinus Andjarwirawan, dkk. 2019. Sistem Kontrol dan Monitoring pH Air Serta Kepekatan Nutrisi Pada Budidaya Hidroponik Jenis Sayur Dengan Teknik Deep Flow Techcnique. Jurnal Infra, Vol 7, No.2.

Sa’ad Rosyidi, Muhammad, dkk. Rancang Bangun Alat Pembersih dan Penyortir Ukuran Telur Asin Berbasis Arduino Mega 2560. Jurnal Skripsi. Institusi Teknologi Nasional, Malang.

Downloads

Published

12-10-2024

How to Cite

[1]
Y. S. Bandang and D. Widjaja, “Sistem Pemantauan dan Pengendalian Pemberi Pakan Dua Tingkat dan Keasaman Air pada Model Tambak Udang dengan Teknologi IoT”, SENTER, vol. 9, pp. 128–135, Oct. 2024.