Studi Eksperimental Tegangan Tembus Kertas Isolasi Transformator Presspaper Pada Kondisi Perendaman

Authors

  • Samsurizal Samsurizal Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN
  • Andi Makkulau Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN
  • Rio Afrianda Program Studi Teknologi Listrik, Institut Teknologi PLN
  • Finka Rizkina Sani Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN
  • Humaida Humaida Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi PLN

Keywords:

Kertas Press, Tegangan Tembus, Isolasi

Abstract

Dalam proses penyaluran energi listrik memerlukan sebuah transformator. Transformator merupakan peralatan yang digunakan untuk mentransformasikan tegangan tanpa merubah frekuensi yang digunakan pada sistem pembangkit. Dalam transformator terdapat isolasi untuk melapisi kumparan pada transformator. Isolasi yang umum digunakan pada transformator adalah isolasi minyak dan isolasi kertas. Isolasi kertas bersifat lentur atau fleksibel dapat mengikuti bentuk yang diinginkan. Faktor penting yang harus diperhatikan pada suatu bahan isolasi adalah kekuatan dan daya tahannya. Berdasarkan hal tersebut perlu diuji apakah isolasi kertas tetap menjadi pilihan yang handal dan efisien untuk trafo listrik. Merendam isolasi dalam minyak juga digunakan pemantauan kualitas minyak. Pengujian minyak isolasi secara berkala dapat mengidentifikasi masalah potensial dalam transformator lebih awal sehingga tindakan perawatan dapat diambil. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparasi dan regresi linier. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kertas press dan memvariasikan ketebalan kertas dalam keadaan direndam minyak isolasi. Hasil dari pengujian kertas isolasi dengan ketebalan 1,04 mm pada keadaan direndam minyak menunjukkan nilai rata-rata breakdown voltage sebesar 23,82 kV, hal tersebut menandakan bahwa kertas isolasi dengan metode perendaman memiliki breakdown voltage lebih baik dibandingkan kertas isolasi dalam keadaan kering.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Kadir, Transformator., Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 2010.

SPLN. 49 -1, Minyak Isolasi. Minyak Isolasi, Jakarta: PT.PLN (Persero), 1982.

L. S. Nasrat, N. Kassem and N. Shukry, "Aging Effect on Characteristics of Oil Impregnated Insulation Paper for Power Transformers," Journal Engineering, pp. 1-7, 2013.

S. J. Chapman, Electric Machinery Fundamentals, Australia: McGraw-Hill, 2005.

D. M. E. Nugroho, "Kegagalan Isolasi Minyak Trafo," Media Elektrika, vol. 2, no. 2, pp. 1-10, 2010.

S. Tresgallo Arozamena, J. Sanz Asensio, C. Olmo Salas, C. Méndez Gutiérrez, P. J. Quintanilla Cavia, D. F. García Gómez and C. Vila Montañés, " Adaptation of the impregnation conditions of cellulosic transformer solids to the use of natural esters," 2022.

F. Jatmiko, "Pengaruh Perendaman Berbagai Macam Jenis Kertas Di Dalam Minyak Trafo Terhadap Karakteristik Tegangan Tembus Pada Suhu 30°C, 40°C, dan 50°C.," Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2015.

M. Simanjuntak, "Pengaruh Lama Perendaman Kertas Trafo (Pressboard) Pada Minyak Mineral, Minyak Nabati, Dan Minyak Sintetis Terhadap Karakteristik Elektris Kertas," Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2019.

Pucaro, "Press paper in rolls," 2 Maret 2022. [Online]. Available: https://pucaro.com/en/press-paper-in-rolls.html.

R. A. Elfreda, "Analisis Tegangan Tembus Kertas Isolasi Transformator Akibat Lama Perendaman Pada Isolasi Minyak Transformator," Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2018.

T. K. Saha and P. Purkait, Transformer Ageing: Monitoring and Estimation Techniques, Singapore: Wiley, 2017.

M. F. Nichal, "Analisis Pengaruh Penuaan Termal Dari Isolasi Kertas Kraft Dengan Perendaman Minyak Mineral, Minyak Nabati, Dan Minyak Sintetis Terhadap Karakteristik Elektris," Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2018

Downloads

Published

19-11-2023

How to Cite

[1]
S. Samsurizal, A. Makkulau, R. Afrianda, F. R. Sani, and H. Humaida, “Studi Eksperimental Tegangan Tembus Kertas Isolasi Transformator Presspaper Pada Kondisi Perendaman”, SENTER, pp. 59–66, Nov. 2023.

Viewed

Abstract 85 times
pdf 51 times