Pengaruh Waktu Pengisian Terhadap State of Charge (SoC) dan Jarak Pada Baterai Lithium-Ion Dengan Pemodelan Python

Authors

  • Andi Ahyina Ardina Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi PLN Daerah Khusus Jakarta
  • Samsurizal Samsurizal Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi PLN Daerah Khusus Jakarta
  • Agung Dwi Cahyo Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi PLN Daerah Khusus Jakarta

Keywords:

Kendaraan listrik, Baterai lithium-ion, Jarak tempuh, State of Charge (SoC)

Abstract

Perkembangan teknologi kendaraan listrik (EV) semakin pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya energi bersih dan upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Salah satu komponen kunci dalam kendaraan listrik adalah baterai lithium-ion, yang berfungsi sebagai sumber daya utama. Kinerja baterai lithium-ion sangat mempengaruhi efisiensi dan jangkauan kendaraan listrik, sehingga penelitian mengenai optimasi pengisian baterai menjadi sangat penting. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk Menganalisis faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan SoC dari masing-masing baterai lithium ion dalam pengisian selama 60 menit. Mengetahui jarak tempuh terbanyak yang dihasilkan dari masing-masing motor setelah pengisian daya selama 60 menit, serta Menganalisis apa saja faktor utama yang mempengaruhi jarak tempuh setelah 60 menit pengisian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan pemodelan Python untuk menjalankan berbagai simulasi lima macam baterai dengan spesifikasi yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada spesifikasi 72V/20Ah memberikan kinerja terbaik, meningkatnya State of Charge (SoC) sekitar 25% dan memberikan jarak tempuh 25 km setelah 1 jam pengisian serta 50,4V/30Ah memberikan SoC 17% dan jarak tempuh 25 km.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muchtari, F. A., Putra, A. M. N., & Bandri, S. (2023). Analisis Pengaruh Perubahan Arus Terhadap Waktu DanTemperatur Pengisian Baterai Kendaraan Listrik. Ensiklopedia of Journal, 5(3), 115–119.

Mamahit, C., Ticoh, J., Memah, V., & Angmalisang, H. (2022). Studi Sistem Pengisian Cepat Baterai Kendaraan Listrik Berbasis Papan Pengendali OpenEVSE. Jurnal Edunitro: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3909.

Pratiwi, A. A., Wibawa, B. M., & Baihaqi, I. (2020). Identifikasi Sepeda Motor Listrik Terhadap Niat Membeli: Kasus di Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i1.50819.

Pristisahida, A. O., & Munawar, I. (2021). Konfigurasi baterai lead acid pada sistem pengaturan motor BLDC untuk aplikasi mobil listrik. 1(2), 163–174.

Achlison, U., Santoso, J. T., Rozikin, K., & Diapoldo, F. (2023). Analisis Pengisian Baterai berbasis Arus dan Tegangan pada Baterai Kendaraan Listrik. 16(2), 430–433.

Mohamed awad. (2022). Perancangan dan analisis stasiun pengisian kendaraan listrik bertenaga energi fotovoltaik yang efisien menggunakan perturb dan mengamati algoritma MPPT. Operasi Dan Manajemen Stokastik.

Downloads

Published

12-10-2024

How to Cite

[1]
A. A. Ardina, S. Samsurizal, and A. D. Cahyo, “Pengaruh Waktu Pengisian Terhadap State of Charge (SoC) dan Jarak Pada Baterai Lithium-Ion Dengan Pemodelan Python”, SENTER, vol. 9, pp. 13–22, Oct. 2024.