Kajian Model Hidden Markov dengan Empat State

Authors

  • Rini Cahyandari Department of Mathematics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elis Asri NF Department of Mathematics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aep Saepuloh Department of Mathematics, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Proses stokastik, proses Markov, rantai Markov, hidden Markov model

Abstract

Proses stokastik adalah himpunan variabel acak {ܺ(ݐ(,ݐ ∋ ܶ{. Dimana state pada masa yang akan datang dari proses itu tidak tergantung pada masa yang telah lalu dan hanya tergantung pada masa sekarang saja, proses ini disebut proses Markov. Sebuah proses Markov dengan ruang parameter yang diskrit yang berada pada suatu keadaan yang diskrit, proses ini disebut rantai Markov. Hidden Markov model merupakan sebuah metode statistik berdasarkan model Markov sederhana yang memodelkan sistem serta membaginya dalam dua state yaitu state tersembunyi dan state terobservasi dimana pada dasarnya hidden Markov model keadaannya tidak dapat terlihat langsung meskipun parameter model diketahui model tersebut tetap tersembunyi. Kajian model hidden Markov dengan empat state dimana pengamatan yang pernah ada mengenai hidden Markov model pada kartu kredit dengan data yang berbeda, dari keempat kelompok profil pengeluaran menggunakan algoritma K-Means clustering peluang proses berada pada rendahnya pengeluaran kartu kredit yang dikaji secara mendalam dalam suatu rangkaian proses dan kejadian, sehingga analisa kejadian-kejadian di waktu-waktu mendatang dapat diketahui secara matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jamaludin, A. 2015. Pengenalan Lafal Hukum Nun Mati atau Tanwin Menggunakan Hidden Markov Model. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Koosasi H A, Sarno R, dan Munif A. 2017. Deteksi Fraud Menggunakan Metode Model Markov Tersembunyi Pada Proses Bisnis. Jurnal Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Vol.6 , No.1. ISSN:2337-3539.

Mahmudi dan Ardi. 2016. Prediksi Pergerakan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika Serikat Menggunakan Hidden Markov Model (HMM). Jurnal Program Studi Matematika. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cahyandari, R dan Nursolihah, R. 2015. Penerapan Model Markov Tersembunyi untuk Mengetahui Persentase Kecocokan dari Deoxyribonucleic Acid pada Pohon Filogenetik Ursidae (Beruang). Statistika, Vol.15, No.2, p 73-86. Ross, S M.1996. Stochastic Processes. United State Of America ; John Wiley and Sons, Inc.

Utari P, B Setiawaty , dan N K K Ardana. 2012. “Aplikasi Model Hidden Markov Diskret untuk Mendeteksi Penyalahgunaan Kartu Kredit”. Institute Pertanian Bogor. JMA, Vol.11, No.1, p.21-30.

Walpole, R E dan Raymond H M.1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Edisi Keempat, terjemahan RK Sembiring. Bandung : Penerbit ITB.

W. Jones, Peter and Smith, Peter. 2010. Stochastic Processes An Introduction (Second Edition). CRC Press

Downloads

Published

19-11-2023

How to Cite

[1]
R. Cahyandari, E. A. NF, and A. Saepuloh, “Kajian Model Hidden Markov dengan Empat State”, SENTER, pp. 106–111, Nov. 2023.

Viewed

Abstract 27 times
pdf 17 times