Sistem Remote Kontrol Peralatan Listrik Melalui Jala-Jala Listrik Pada Frekuensi 455 kHz Dengan Modulasi ASK

Authors

  • Rana Zaini Fathiyana Politeknik Negeri Bandung
  • Devi Mayang Sari Politeknik Negeri Bandung
  • Eril Mozef Politeknik Negeri Bandung

Keywords:

PLCC, Modulasi ASK, 455 KHz, Remote Kontrol

Abstract

Sistem pengontrolan jarak jauh yang saat ini popular adalah remote kontrol menggunakan infra merah, dengan jarak yang terbatas hanya 10 meter. Solusi atas permasalahan tersebut adalah dirancangnya suatu pengontrolan jarak jauh dengan memanfaatkan jala-jala listrik. Sistem komunikasi data melalui jala-jala listrik dikenal dengan PLCC (Power Line Carrier Communication). Teknik modulasi data yang dapat diterapkan pada PLCC diantaranya modulasi ASK, FSK, Spread Spectrum dan OFDM. Solusi dengan modulasi spread spectrum dan OFDM handal terhadap noise tetapi relatif mahal dan sulit dalam implementasinya. Sedangkan modulasi ASK dan FSK merupakan solusi yang sederhana dan murah namun kurang handal terhadap noise. Pada sistem yang dirancang dipilih modulasi ASK untuk kesederhanaan desain, sedangkan untuk mengatasi noise dipilihlah frekuensi pembawa 455 KHz, karena berdasarkan percobaan pada frekuensi ini level noise cukup rendah. Sistem yang dirancang telah berhasil diujikan dan mampu mengontrol peralatan listrik sampai jarak 66 meter dengan protokol serial 8 bit dengan kecepatan 600 bps.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darware A.P, Azeema N, Tejani A.N, Tejani S.N, Bisane J.S. The Role Of Power Line Communication in Rural Area. International Jurnal of Networking. 2012; 2(1): 44-49.

Mochamad Farizd Nurjaman. Realisasi Pemanfaaatan Power Line Communication Untuk Transmisi Data Menggunakan Metode Zero Crossing Bagian Pengirim. Politeknik Negeri Bandung. 2006.

Arief Lutfianto. Pengiriman Data Penggunaan Listrik Menggunakan Power Line Carrier (PLC). Universitas Diponegoro. 2012.

Andika Ilmar, Basuki Rahmat, Budi Prasetya. Analisa Performasi Power Line Communication Menggunakan OFDM dan Spread Spectrum. Telkom University, 2009.

Wicaksono Widiatmoko, Basuki Rahmat, Denny Darlis. Desain dan Realisasi Modulator OFDM (Orthigonal Frequency Domain Multiplexing) untuk Jaringan Jala-jala Listrik Tegangan Rendah Berbasis FPGA.Telkom University, 2016.

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
R. Z. Fathiyana, D. M. Sari, and E. Mozef, “Sistem Remote Kontrol Peralatan Listrik Melalui Jala-Jala Listrik Pada Frekuensi 455 kHz Dengan Modulasi ASK”, SENTER, pp. 106-114, Jan. 2018.