Sistem Komunikasi Uplink Menggunakan Infra Merah dan Pulse Distance Coding Untuk Aplikasi Akses Informasi Buku di Perpustakaan

  • Teddi Hariyanto Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Eril Mozef Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Rifa Hanifatunnisa Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Andaliyanto Wibowo D4 Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Dennis Ramadiansyah Azis D4 Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Akses Informasi Perpustakaan, Komunikasi Duplex, Komunikasi Infra merah, Pulse Distance Coding, MicroSD Card Memori

Abstract

Cahaya merupakan sarana penerangan dapat dimanfaatkan energinya untuk mengirimkan data. Dengan menggunakan cahaya lampu penerangan sebagai titik pengiriman data dapat mereduksi penggunaan access point/hotspot untuk akses lokal yang ada dalam suatu gedung. Realisasi teknologi komunikasi menggunakan media cahaya di ruang terbuka masih menggunakan LED yang memiliki masalah dalam hal jarak jangkauan, komunikasi masih satu arah juga kecepatannya belum tinggi. Oleh karena itu dibuat sistem menggunakan lampu penerangan LED yang akan meningkatkan daya pancar agar jangkauan semakin jauh dan penggunaan infra merah untuk menyelenggarakan komunikasi duplex. Aplikasi dari sistem ini diterapkan untuk sistem akses informasi buku di perpustakaan melalui lampu penerangan LED. Sistem ini dibagi menjadi 2 bagian, komunikasi downlink menggunakan cahaya tampak dan Manchester Coding dan bagian komunikasi uplink menggunakan infra merah dan Pulse Distance Coding. Sistem ini membahas bagian uplink yang berperan sebagai media request data buku dan pengolahan data buku. Bagian uplink terdiri dari input keypad, output display, komunikasi infra merah, dekoder, enkoder, modulator dan demodulator serta pengolahan memori microSD. Setelah data berhasil diakses maka data diteruskan ke bagian downlink untuk dikirimkan melalui lampu penerangan LED. Bagian komunikasi uplink telah berhasil direalisasikan dengan baud rate sebesar 600 Baud serta jarak terima optimal pada 3 sampai 4 meter. Integrasi keseluruhan sistem berhasil direalisasikan. Sistem dapat melakukan penyaringan informasi buku serta melakukan pencarian dengan delay 1 sampai 3 detik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shridhar A, Megan B, and Calvin N. Visible Light Communication. Worcester. 2015.

Fauzan H. Realisasi Media Transmisi Menggunakan Visible Light untuk Pengririman Text. Bandung. 2016.

Febry B. Implementasi Visible Light Communication (Vlc) Untuk Pengiriman Data Digital. 2013

Wanty L. Realisasi Sistem Pengontrolan Nirkabel Peralatan Elektronik dalam Ruangan. 2016.

Eril M, Rahmawati H, Mina NG, Dennis R, Andaliyanto W. Sistem Komunikasi Downlink Menggunakan Lampu Penerangan LED dan Manchester Coding untuk Aplikasi Akses Informasi Buku Perpustakaan. Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati. Bandung. 2018, submitted.
Published
2019-01-27
How to Cite
[1]
T. Hariyanto, E. Mozef, R. Hanifatunnisa, A. Wibowo, and D. Azis, “Sistem Komunikasi Uplink Menggunakan Infra Merah dan Pulse Distance Coding Untuk Aplikasi Akses Informasi Buku di Perpustakaan”, Prosiding - Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 202-215, Jan. 2019.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 54 times
PDF (Bahasa Indonesia) 87 times