Sistem Komunikasi Downlink Menggunakan Lampu Penerangan LED dan Manchester Coding Untuk Aplikasi Akses Informasi Buku Di Perpustakaan

  • Eril Mozef Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Rahmawati Hasanah Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Mina Naidah Gani Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Dennis Ramadiansyah Azis Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
  • Andaliyanto Wibowo Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Akses Informasi Perpustakaan, , Komunikasi Cahaya Tampak, Komunikasi Duplex, Lampu Penerangan LED, Manchester Coding

Abstract

Teknologi komunikasi cahaya tampak dengan menggunakan LED memiliki kekurangan dalam hal jarak jangkauan, komunikasi yang masih satu arah serta kecepatan yang belum tinggi. Sistem komunikasi cahaya tampak menggunakan lampu penerangan LED diusulkan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Sistem ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian downlink dan uplink. Pada bagian downlink, lampu penerangan LED digunakan untuk meningkatkan daya pancar sehingga meningkatkan jarak jangkauan. Pada bagian uplink, inframerah digunakan untuk menghasilkan komunikasi duplex. Sistem komunikasi downlink dibahas pada paper ini, sedangkan sistem komunikasi uplink dibahas terpisah. Sistem komunikasi downlink terdiri atas bagian pengirim dan penerima. Pada bagian pengirim, sistem ini terdiri dari enkoder Manchester Coding, modulator OOK, serta lampu penerangan LED. Sedangkan pada bagian penerima, sistem ini terdiri dari sensor penerima cahaya, demodulator OOK serta dekoder. Sistem komunikasi downlink telah berhasil direalisasikan dengan hasil baud rate sebesar 600 Baud serta jarak terima optimal pada 3-3,5 meter. Integrasi keseluruhan sistempun berhasil direalisasikan pada sistem akses informasi buku di perpustakaan, dengan hasil delay pencarian 1-3 detik saat melakukan penyaringan informasi buku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Savage, “Visible Light Communications Could Outshine Wi-Fi In Industrial Settings”, IEEE Spectrum, 2014.

F. H. Nurrahman, “Realisasi Media Transmisi Menggunakan Visible Light untuk Pengririman Text,” Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 2016.

S. Ambady, M. Bredes dan C. Nguyen, “Visible Light Communication,” Worcester Polytechnic Institute, Worcester, 2015.

A. Wibowo, “Perancangan dan Realisasi Sistem Akses Informasi Buku di Perpustakaan Menggunakan Lampu Penerangan LED(Bagian: Komunikasi Uplink Menggunakan Infra Merah dan Pulse Distance Coding),” Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 2017.

F. B. Aska, “IMPLEMENTASI VISIBLE LIGHT COMMUNICATION (VLC) UNTUK PENGIRIMAN DATA DIGITAL,” Universitas Telkom, Bandung, 2013.

Teddi Hariyanto, Eril Mozef, Rifa H,Andaliyanto W, Dennis RA, “Sistem Komunikasi Uplink Menggunakan Inframerah dan Pulse Distance Coding untuk Aplikasi Akses Informasi Buku di Perpustakaan”, Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati 2018, Submitted.
Published
2019-01-27
How to Cite
[1]
E. Mozef, R. Hasanah, M. Gani, D. Azis, and A. Wibowo, “Sistem Komunikasi Downlink Menggunakan Lampu Penerangan LED dan Manchester Coding Untuk Aplikasi Akses Informasi Buku Di Perpustakaan”, Prosiding - Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 83-94, Jan. 2019.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 49 times
PDF (Bahasa Indonesia) 98 times