Aplikasi Software Automation Studio dalam Desain dan Simulasi Sistem Hidrolik pada Truk Sampah

Authors

  • Ade Lukman Program Studi Teknik Mekatronika,Politeknik Caltex Riau
  • Hendri Maja Saputra Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
  • Abdurrahman Nurhakim Department of Electrical Engineering, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Automation Studio, desain dan simulasi, sistem hidrolik, truk sampah

Abstract

Tren terbaru dalam pengembangan truk sampah adalah menggunakan pemodelan desain sistem. Truk sampah memerlukan pemodelan untuk merancang dan mensimulasikan sistem kendali. Oleh karena itu, pemodelan merupakan langkah awal yang penting. Paper ini mengulas hasil studi tentang pemodelan hidrolik untuk sistem truk sampah. Upaya pemodelan kinematik dan dinamis ditinjau terlebih dahulu dengan berbagai pendekatan dalam pemodelan sistem hidrolik. Truk sampah mengacu pada truk yang dirancang khusus untuk mengumpulkan limbah dan mengangkut sampah yang dikumpulkan ke pengolahan limbah padat seperti tempat pembuangan sampah. Automation Studio merupakan perangkat lunak untuk mendesain rangkaian, simulasi, dan dokumentasi proyek untuk sistem tenaga fluida dan listrik. Automation Studio dapat diterapkan dalam desain, pelatihan dan pemecahan masalah dari hidrolika, pneumatik, HMI maupun sistem kontrol listrik. Hidrolik adalah teknologi dan ilmu terapan yang menggunakan teknik dan ilmu lain yang melibatkan sifat mekanik dan penggunaan cairan. Pada aplikasi tenaga fluida, hidrolik digunakan untuk menghasilkan dan mentransmisikan daya dengan menggunakan cairan bertekanan. Salah satu aplikasi dari sistem hidrolik sendiri terdapat pada truk sampah. Terdapat beberapa bagian dari pergerakan truk sampah tersebut menggunakan sistem hidrolik seperti pada bagian pengangkatan tempat sampah, penuangan sampah dan pengepresan bak sampah. Pada artikel ini Automation Studio sebagai aplikasi desain dan dan simulasi diaplikasikan untuk merancang serta mensimulasikan sistem operasi hidrolik yang ada pada truk sampah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, S, Anggun, Troubleshoothing Sistem Pneumatik Pada Mesin Bor Dengan Kontrol Elektro Pneumatik (proyek akhir), Jurusan Teknik Mesin D3 Fakultas Teknik, UNNES, 2006.

Bahrami, M., Naraghi, M., & Zareinejad, M. (2018). Adaptive super-twisting observer for fault reconstruction in electro-hydraulic systems. ISA Transactions, 76, 235–245.

Cao H., Guao J., Song G.: Application of Automation Studio in Hydraulic System Design, College of Mechanical Engineering, Heilongjiang, China, 2010.

Famic Technologies Inc: Users Manual, Cavendish Blv., Canada, 2010.

Goharrizi AY, Sepehri N. A wavelet-based approach for external leakage detection and isolation from internal leakage in valve-controlled hydraulic actuators. IEEE Trans Ind Electron 2011;58(9):4374–84.

James, R. (2001). (12) United States Patent. 1(12).

Oladapo, B. I., Balogun, V. A., Adeoye, A. O. M., Olubunmi, I. E., & Afolabi, S. O. (2017). Experimental analysis of electro-pneumatic optimization of hot stamping machine control systems with on-delay timer. Revista Mexicana de Trastornos Alimentarios, 15(4), 356–364.

Parr, Andrew, Hidrolika Dan Pneumatika Pedoman Untuk Teknisi dan Insinyur Edisi II (terjemahan), Erlangga, Jakarta,2003.

Pramono, Modul Pneumatik, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negri Semarang, 2008.

Sumbodo, Wirawan,dkk, Teknik Produksi Mesin industri Jilid 3, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

Tivay A, Rezaei SM, Baghestan K, Zareinejad M. Energy-saving cooperative position tracking control of electro-hydraulic servo systems. In: Robotics and Mechatronics (ICRoM), 2013 first RSI/ISM International conference. IEEE; 2013. p. 511–6.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
A. Lukman, H. M. Saputra, and A. Nurhakim, “Aplikasi Software Automation Studio dalam Desain dan Simulasi Sistem Hidrolik pada Truk Sampah”, SENTER, pp. 426–432, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 1488 times
pdf (Bahasa Indonesia) 1278 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>