Pemahaman Matematis dan Math Anxiety Siswa dengan Model ICARE ‎dan Media Powtoon

Authors

  • Leili ‎ Sholihatunnisa Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Asep ‎ Jihad Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Juariah Juariah Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hamdan Sugilar Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

ICARE, Powtoon, Understanding ability of mathematics, Math Anxiety‎

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui : peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ICARE dengan media Powtoon dan konvensional berdasarkan PAM dan math anxiety siswa terhadap model pembelajaran ICARE  berbantuan media Powtoon. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan design Pretest Posttest Control Group Design.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP di Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ICARE dengan media Powtoon lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional untuk kategori PAM tinggi, sedang dan rendah. Math anxiety siswa pada aspek kognitif, afektif dan fisiologis pada pembelajaran ICARE berbantuan media Powtoon menunjukan sikap yang positif dan berinterpretasi baik pada pembelajaran matematika Pembelajaran ICARE dan media Powtoon dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan berinterpretasi baik pada math anxiety siswa.

 

The purpose of this study is to find out: increasing of student understanding ability of mathematics  who use ICARE learning by Powtoon media and conventional learning based on PAM and students' math anxiety towards ICARE learning model assisted by media Powtoon. This research is a quasi-experimental research with Pretest Posttest Control Group Design. The subjects of this study were eight-grade students in Bandung. The instruments used were test and non-test. The results of this study are: the increase in the student’ understanding ability  of mathematics  who use learning ICARE by Powtoon media is  better than students who use conventional learning for the high, medium and low PAM categories. Students' math anxiety in the aspects cognitive, affective and physiological of ICARE learning assisted Powtoon media showed a positive attitude and interpreted well in mathematics learning. ICARE learning and Powtoon media can be used to improve mathematical understanding skills and interpret well on math anxiety students'

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Agustiningsih, “Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka ‎Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar,” ‎PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 1, p. 50, 2015, doi: ‎‎10.21070/pedagogia.v4i1.72.‎

Gede Arsa Wijaya, Pengembangan Media E-Learning, vol. Vol.5. 2014.‎

A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” ‎Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 8, no. 2, 2010, doi: ‎‎10.21831/jpai.v8i2.949.‎

Parmin, Sajidan, Ashadi, and Sutikno, “Skill of prospective teacher in integrating the ‎concept of science with local wisdom model,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, ‎vol. 4, no. 2, pp. 120–126, 2015, doi: 10.15294/jpii.v4i2.4179.‎

P. A. Yuliarty P, Permana T, “Bahan Ajar Media Pembelajaran,” Media ‎Pembelajaran, pp. 1–43, 2008.‎

N. H. Jatiningtias, “Kurikulum dan teknologi pendidikan fakultas ilmu pendidikan ‎universitas negeri semarang 2017,” Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon ‎Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan ‎Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang, p. 76, 2017.‎

A. A. Tsur, “Penerapan Media Virtual Powtoon dengan Recitation Method Terhadap ‎Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 16 ‎Bulukumba,” UIN Alauddin Makassar, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: ‎‎10.1017/CBO9781107415324.004.‎

E. Susilowati, “Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep Siswa Melalui ‎Metode Poster Sesion terhadap Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel,” ‎Universitas Muhammadiyah Surakarta, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2011, doi: ‎‎10.1017/CBO9781107415324.004.‎

S. Priyambodo, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa ‎dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction,” Mosharafa: ‎Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 10–17, 2016.‎

S. Maryam, “Pembelajaran Matematika dengan Strategi ICARE (Introduction, ‎Connection, Application, Reflection, Extension) untuk Meningkatkan Kemampuan ‎Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Skripsi, 2016.‎

R. D. Y. NURDIN, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ICARE TERINTEGRASI ‎TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA ‎KELAS X MIA9 DI SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA.” 2016.‎

E. Sulistiani and Masrukan, “Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran ‎Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA,” Seminar Nasional Matematika X ‎Universitas Negeri Semarang 2016, pp. 605–612, 2016.‎

Y. K. Purbasari, “Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear ‎Dua Variabel (SPLDV) Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis ‎Lembar Kegiatan (LKS),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.‎

A. Rizta and L. Antari, “Tingkat Mathematics Anxiety Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 13, no. 1, pp. 9–20, 2018, doi: ‎‎10.22342/jpm.13.1.6827.9-20.‎

P. A. Wardhani, “Penerapan Teori Brunner dan Peta Konsep dalam Meningkatkan ‎Penalaran dan Pemahaman Konsep M,” Efikasi Diri dan Pemahaman Konsep IPA ‎dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota ‎Bengkulu, vol. 6, no. 1, pp. 203–221, 2015, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.‎

M. D. Pangestu and A. A. Wafa, “Pengembangan multimedia interaktif powtoon ‎pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas xi ‎ips di sma negeri 1 singosari,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 11, no. 1, pp. 71–‎‎79, 2018.‎

K. Abdan, “Pengaruh Model ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) ‎Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materu Suhu dan Kalor,” Skripsi, ‎p. 7, 2019.‎

N. M. Dwijayani, “Pembelajaran ICARE berbantuan permasalahan matematika ‎realistik,” Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan ‎Pembelajarannya, vol. 12, no. 1, pp. 1–13, 2018.‎

I. W. Anita, “Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap ‎Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp,” Infinity Journal, vol. 3, no. 1, p. 125, ‎‎2014, doi: 10.22460/infinity.v3i1.43.‎

Published

08-01-2021

How to Cite

[1]
L. . ‎ Sholihatunnisa, A. . ‎ Jihad, J. Juariah, and H. Sugilar, “Pemahaman Matematis dan Math Anxiety Siswa dengan Model ICARE ‎dan Media Powtoon”, SENTER, pp. 209–216, Jan. 2021.