Pemotong Kripik Pisang Otomatis Berbasis Net Present Value (Studi Kelayakan UMKM Kripik Pisang)

  • Seta Samsiana Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam "45" Bekasi
Keywords: Pemotong pisang, rancang bangun, Net Present Value

Abstract

Kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto meningkat dalam 5 tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor ini juga meningkat. Menyadari pentingnya kontribusi UMKM dalam meningkatkan perekonomian yang positif di Indonesia, kami berusaha turut serta dalam pengembangan UMKM di Indonesia khususnya di wilayah Bekasi dan sekitarnya. Usaha yang coba kami lakukan adalah merancang dan mengaplikasikan teknologi terapan yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM , dengan fokus utamanya pelaku Usaha Keripik Pisang. Adakalanya mereka cukup kesulitan apabila terjadi lonjakan permintaan kripik pisang. akibat kapasitas produksi yang sangat minim. Rendahnya kapasitas produksi keripik pisang disebabkan dalam proses produksinya masih mengandalkan cara manual dengan proses pengirisan pisang menggunakan tenaga manusia untuk memutar alat pemotongan pisang. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat pemotong kripik pisang, sesuai dengan kebutuhan pengguna baik dari tingkat ketebalan, bentuk irisan panjang atau oval, kapasitas produksi serta Net Present Value yang akan menentukan layak tidaknya pemotong pisang digunakan oleh usaha produksi UMKM. Kapasitas efektif rata-rata alat pemotong kripik pisang ini sebesar 23.71 sisir/jam dengan waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk memotong 1 sisir pisang menjadi keripik adalah sebesar 2.53 sisir/menit. Persentase hasil sesuai uji pemotongan pisang 87% sedangkan hasil uji pemotongan rusak sebesar 13 %. Besar nilai Net Present Value sebesar 20% sebesar Rp.6.407.363. Hal ini sesuai ketentuan jika nilai Net Present Value (NPV) > 0 maka penilaian usaha perusahaan layak untuk dilaksanakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dodi Mowo Asmoro, Saipul Bahri Daulay, Ainun Rohanah. J.Rekayasa Pangan dan Pert., Vol.I No. 1 Th. 2012.

Rancang Bangun Alat pemotong kripik pisang Ekspedia Teknik Mesin http://teknikmesinpedia.blogspot.co.id/2015/03/apa-itu-puli-pulley.html, Puly (diakses tanggal 20 September 2018).

Prinsip Kerja Motor Induksi 1 Fasa - www.insinyoer.com/ (diakses tanggal 25 September Februari 2018)

Hw.Boger,Lucien Mazot,Why Valve Arc Always Oversided,Instrument Society of America,Inrech,October,1993
Cara Menghitung NPV https://id.wikihow.com/Menghitung-NPV (diakses tanggal 1 Agustus 2019 )

Tampan, Jabal Rio Benzani (2019) Rancang Bangun Mesin Pemotong Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca Formatypica). Diploma thesis, Universitas Andalas

Martati, I., . S. and Syarifuddin, A. (2013) ‘Model Penciptaan Lapangan Kerja Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal Pada Kecamatan Samarinda Ilir’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), pp. 123–130. doi: 10.9744/jmk.15.2.123-130.

Sabale. (2018). Development and Performance Evaluation of Sucker Cuting Tool for Bunana. Vol. 7 No.5, Hal. 2319–7706 [9] Nugroho, A.D. & Kunhadi, D. (2018).

Pengembangan Alternatif Desain Perbaikan Alat Pemotong Pisang. Jurnal menejemen dan tehnik industry. Vol. 1, Hal. 31-40 [10] Azim. (2018).

Rancangan Bangun Pemotong Dodol (Makanan Ringan) Secara Melintang Mengunakan Kawat Srainless Steel 0,22 mm
Published
2020-03-20
How to Cite
[1]
S. Samsiana, “Pemotong Kripik Pisang Otomatis Berbasis Net Present Value (Studi Kelayakan UMKM Kripik Pisang)”, SENTER, pp. 63-67, Mar. 2020.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 1 times
pdf (Bahasa Indonesia) 0 times