Penentu Koordinat Objek Bola Memantul Pada Bidang Kayu Dengan Teknik Pengolahan Suara Dan Sinyal

  • Mina Naidah Gani Politeknik Negeri Bandung
  • Pebby Rosmauly Politeknik Negeri Bandung
Keywords: Sensor microphone, Koordinat titik jatuh bola, Pengolahan Sinyal

Abstract

Bunyi dapat merambat melalui medium baik cair, gas maupun padat. Dengan gejala ini posisi jatuhnya benda pada suatu medium padat dapat dicari. Metoda pendeteksi suara dikembangkan sehingga diperoleh titik pusat sumber jatuhnya suara. Cara ini bisa diterapkan pada medium yang bisa merambatkan gelombang suara. Salah satu medium padat perambat gelombang suara adalah kayu. Suara pantulan suatu benda pada bidang ini dideteksi sehingga letak dari pantulan benda tersebut dapat diketahui. Bola merupakan benda yang dapat memantul dan menghasilkan bunyi yang akan diterima oleh sensor suara. Dalam hal ini titik jatuhnya bola pingpong pada meja kayu didapat dengan menggunakan sistem pendeteksian tersebut. Microphone sebagai sensor suara yang diintegrasikan dengan sistem penguat digunakan untuk memantau titik jatuh pantulan bola pada bidang kayu dua dimensi. Dengan menerapkan sistem pengolahan suara dan sinyal akan diperoleh karakteristik objek jatuhnya bola pada bidang kayu dua dimensi. Hal ini diambil agar bisa dirancang matriks sensor suara yang dapat mendeteksi objek bola memantul pada meja kayu. Secara sederhana akan dibuat matriks microphone 3x3 yang dirancang untuk menemukan 9 koordinat yang ditentukan pada bidang kayu dua dimensi berukuran 152,5 cm x 137 cm. Pendeteksian sinyal pada bidang kayu tersebut menjadi input pada data processing sehingga menghasilkan output koordinat, yang diwakilkan oleh LED sebagai indikator letak koordinat objek bola yang jatuh dan keberhasilan 81% dari 100 kali percobaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzan, Wildan, dkk, ”Perancangan Dan Realisasi Sistem Panel Pantul Bola Untuk Latihan Umpan Datar Dalam Sepakbola”, Telkom University, 2016

Berger, Richard, “Method of and System for Determining Positioin of Tennis Ball Relative to Tennis Court and Tennis Ball provide Therefor”, US Patent table,. 21 Januari 1992

Willner; Leroy Frederick, “Practice Ball with Sound and Acceleration Sensor”, US Patent, 22 September 1998
Amarullah, Amril.(2015, Okt.15).Omron Kenalkan Robot Pelatih Atlet Ping Pong.[Online].Tersedia:https://techno.okezone.com/read/2014/10/14/56/1052136/omron-kenalkan-robot-pelatih-atlet-tenis meja.

TEH-JOU Science and Technology. (2017,Nov.6). SmartPong. [Online]. Tersedia : http://www.smartpong.com.tw/eng/company.asp. (SmartPong).

Edwin.(2017, Nov.6). Oscillating Table Tenis Trainer.[Online]. Tersedia : www.coolest-gadgets.com/20110811/oscillating-table-tenis-trainer/. (iPong).
Published
2020-03-20
How to Cite
[1]
M. N. Gani and P. Rosmauly, “Penentu Koordinat Objek Bola Memantul Pada Bidang Kayu Dengan Teknik Pengolahan Suara Dan Sinyal”, SENTER, pp. 535-541, Mar. 2020.
Section
Articles
View Counter
Abstract viewed 2 times
pdf (Bahasa Indonesia) 0 times