Sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk Mengelola Ujian Berbasis Website Pada SMPN 5 Tulang Bawang Barat
Keywords:
Computer Assisted Test (CAT), Extreme Programming, ISO 25010, Ujian, WebsiteAbstract
SMPN 5 Tulang Bawang Barat menghadapi tantangan dalam pengelolaan ujian karena pengelaan ujian sekolah dilakukan secara manual. Pelaksananaan ujian masih menggunakan soal secara tertulis menggunakan media kertas yang mengakibatkan keterbatasan dalam efisiensi, akurasi, dan fleksibilitas proses ujian. Untuk mengatasi kendala ini, diperlukan sebuah Sistem Computer Assisted Test (CAT) berbasis website yang terintegrasi dan dapat mengelola data ujian, peserta, nilai, dan jadwal secara otomatis. Sistem ini dirancang untuk mengurangi ketergantungan pada kertas, meminimalkan kesalahan koreksi manual, serta mempercepat proses evaluasi hasil ujian, sehingga mendukung peningkatan kualitas evaluasi pendidikan. Sistem ini dibangun dengan metode Extreme Programming (XP) dan pendekatan Object-Oriented Programming (OOP), menggunakan pemodelan use case dan activity diagram untuk menggambarkan alur sistem. Teknologi yang digunakan meliputi PHP, HTML, JavaScript, Jquery, dan MySQL dengan framework codelgniter, memungkinkan sistem diakses secara fleksibel oleh admin, guru, dan siswa. Pengujian sistem dilakukan sesuai dengan standar ISO 25010 melalui survei terhadap 8 responden yang terdiri dari admin, guru, dan siswa SMPN 5 Tulang Bawang Barat yang terlibat dalam pelaksanaan ujian. Hasil pengujian menunjukkan sistem memperoleh skor 97,5% yang menunjukkan tingkat keberhasilan sangat baik dan sistem layak untuk dimplementasi di SMPN 5 Tulang Bawang Barat.
Downloads
References
A. Taufik, S. Kom, M. Bernadus Gunawan Sudarsono, and M. Kom, Taufik, A., Sudarsono, G., Sudaryana, I. K., & Muryono, T. T. (2022). Pengantar teknologi informasi. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia, 1-113.
M. R. Maulani and S. Supriady, “Implementasi Item Response Theory Model Three-Parameter Logistics Pada Aplikasi Computerized Adaptive Test,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 16, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.33998/mediasisfo.2022.16.1.1117.
Nadia, V. Z. Kamila, Islamiyah, R. Wardhana, and H. J. Setyadi, “Penerapan Computerized Adaptive Test (CAT) Pada Ujian Semester Menggunakan Algoritma Teori Respon Butir Model 2 Pl Berbasis Web (Studi Kasus : Kelas Xi Sman 1 Muara Jawa Kota Samarinda),” Adopsi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 36–51, 2022, doi: 10.30872/atasi.v1i1.43.
S. Sanatang and M. F. B, “Sistem Tes Interaktif Berbasis Computerized Adaptive Testing (CAT),” J. Mediat., vol. 4, no. 1, pp. 30–34, 2021, doi: 10.59562/mediatik.v4i1.3862.
A. Rahmadhi Anugrah, Hannie, and Siska, “Perancangan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Berbasis Website Untuk Ujian Sekolah (Studi Kasus: SDN Pengasinan IV),” Joutica, vol. 9, no. 1, pp. 44–54, 2024, doi: 10.30736/informatika.v9i1.1175.
D. Widyaningrum, “Perancangan User Experience Aplikasi Website Computer Assisted Test (CAT) Menggunakan Five Planes Framework,” J-Intech, vol. 11, no. 1, pp. 177–187, 2023, doi: 10.32664/j-intech.v11i1.888.
K. B. Utomo, A. Azizah, and M. A. Pangestu, “Peran Computer Assited Test dalam Implementasi Penilaian di SD Negeri 005 Palaran,” J. Ilmu Siber dan Teknol. Digit., vol. 1, no. 1, pp. 29–39, 2022, doi: 10.35912/jisted.v1i1.1529.

