Prototipe Deteksi Kelayakan Oli Berbasis Mikrokontroler Untuk Praktikum di SMK Negeri 9 Garut

Authors

  • Dian Mustofa Fakultas Teknik Universitas Garut Garut, 44151, Indonesia 4 Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Firman Fakultas Teknik Universitas Garut Garut, 44151, Indonesia 4 Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Lik Muhamad Malik Matin Fakultas Teknik Universitas Garut Garut, 44151, Indonesia 4 Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Helfy Susilawat Fakultas Teknik Universitas Garut Garut, 44151, Indonesia 4 Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Rifki Naufalah Fakultas Teknik Universitas Garut Garut, 44151, Indonesia 4 Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia

Keywords:

API (American Petroleum Institute), SAE (Society of Automotive Engineers), Mikrokontroler, Penggantian Oli, Viskositas

Abstract

Mesin adalah alat yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan manusia dengan mengubah energi menjadi berbagai bentuk. Mesin melakukan tugas seperti mengangkat beban, memindahkan barang, atau menghasilkan listrik, yang mendukung proses industri. Perawatan mesin yang baik sangat penting untuk kinerja optimal, dan penggantian oli secara teratur merupakan komponen kunci. Oli berfungsi untuk melumasi bagian yang bergerak, mencegah karat, mendinginkan, dan mengurangi keausan akibat gesekan. Pergantian oli tidak hanya berdasarkan jarak tempuh dan usia, tetapi juga berdasarkan viskositas oli, yang diukur dengan standar SAE dan API. Untuk mengukur viskositas oli, digunakan viskometer yang diimplementasikan dalam prototipe Arduino yang diprogram dengan bahasa pemrograman C++. Alat ini tidak hanya mengukur viskositas oli, tetapi juga suhu oli dan kandungan logam, memberikan informasi penting untuk perawatan mesin yang efektif. Cara kerja prototipe ini adalah oli dimasukkan ke dalam alat yang terbuat dari pipa, kemudian data yang diukur ditampilkan di LCD, mulai dari kandungan ogam (Fe), suhu (°C), dan nilai viskositas dengan satuan mPas. Jika oli mengandung logam, indikator biru dan buzzer akan menyala; jika tidak, indikator oranye akan menyala. Indikator oli yang masih layak ditandai dengan warna hijau, dan jika oli sudah tidak layak, indikator merah akan menyala disertai bunyi buzzer. Pembuangan oli yang sudah diukur dilakukan melalui kran. Dari beberapa percobaan yang dilakukan dalam pengujian prototipe ini, hasilnya dibandingkan dengan alat standar. Rata-rata error untuk sensor suhu adalah sebagai berikut: suhu oli normal 4,79%, suhu oli panas 2,58%, suhu oli bekas normal 5,46%, dan suhu oli bekas panas 5,78%. Sedangkan untuk viskositas: oli baru dingin 3,98%, oli baru panas 3,14%, oli bekas dingin 8,90%, dan oli bekas panas 5,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mada Sanjaya W.S., P. (2014). Panduan praktis membuat robot cerdas menggunakan Arduino & Matlab. 68-69.

Toyota. (1994). New Step 1 Training Manual. Jakarta: PT Toyota Astra Motor.

ITB-MG, "Medianya Mahasiswa ITB-MG," 12 2022. [Online]. Available: https://mediacenter.itbmg.ac.id/mikrokontroler-pengertian-fungsi-dan-jenis-jenisnya.

C. M. Santos, "Influence of Arduino on the Development of Advanced Microcontrollers Courses," IEEE Revista Iberoamericana de Tecnologias del Aprendizaje PP(99):1-1, 2017.

W. I. U. Leni Andayani, "PENGEMBANGAN ALAT UKUR VISKOSITAS AIR SUNGAI TERCEMAR LIMBAH CAIR BERBASIS SENSOR OPTIK TIPE THROUGH BEAM," Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019, 2019.

Wisnu_Adi, "UNIKOM_Wisnu_Adi_Perdana_BAB II," Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), 2019.

K. A. Gunawan, "RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR SUHU TANAH SEBAGAI ALAT BANTU PENENTU BENIH SAYURAN," UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2015.

H. E. Farhan Muhtarom, "Alat Pendeteksi Logam Pada Makanan Berbasis Arduino UNO," JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 2020.

M. R. P. Aji, "RANCANG BANGUN SISTEM PERINGATAN PENGGANTIAN OLI PADA SEPEDA MOTOR BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)," 2020.

R. B. A. U. K. P. K. B. B. MIKROKONTROLER, "Teguh Febrianto, Sukiswo Supeni Edi, Sunarno," Unnes Physics Journal, 2013.

Y. Z. K. Nurry Putri Tissos, "PEMBUATAN SISTEM PENGUKURAN VISKOSITAS FLUIDA SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN SENSOR EFEK HALL," Jurnal Sainstek Vol. VI No. 1: 71-83 Juni 2014, 2014.

E. P. ,. D. A. Riza Samsinar, "Sistem Pengingat Ganti Oli Berdasarkan Running Hours Mesin, Lama Waktu Pemakaian dan Kekentalan Oli pada Mesin Wire Drawing Berbasis Raspberry Pi 1," RESISTOR (Elektronika Kendali Telekomunikasi Tenaga Listrik Komputer) Vol. 2 No. 2.

A. A. A. E. W. F. T. Dany Pratmanto, "Pembuatan Alat Pendeteksi Kadar Logam Pada Air Berbasis Aduino UNO," Jurnal Evolusi Volume 7 No 1 - 2019, 2013.

D. S. I. A. Mustajib Furqon Haqiqi, "Sistem Pengecek Kelayakan Pakai Oli Motor Matic Berdasarkan Parameter Warna dan Viskositas Menggunakan Metode Bayes," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2019.

R. Prasetyowati, "UJI VISKOSITAS PEMAKAIAN PELUMAS MESIN KENDARAAN BERMOTOR," 2014.

O. B. K. A. W. A. RAMA RAMANDA, "Sistem Pemantauan Kelayakan Pelumas Oli pada Kendaraan Sepeda Motor dengan Memanfaatkan Teknologi Internet of Things," MIND Journal | ISSN (p): 2528-0015 | ISSN (e): 2528-0902, 2021.

datasheet-for-inductive-proximity-sensor, "Inductive Proximity Sensor,LJ12A3-4-Z/BX ,NPN,3-wire NO,diameter 12mm,Proximity Switch".

D. D. H. M. S. Asi Noflanda Arsis, "RANCANG BANGUN ALAT UKUR KEKENTALAN OLI SAE 10-30 MENGGUNAKAN METODE FALLING BALL VISCOMETER (FBV)," JURNAL ILMU FISIKA (JIF), VOL 9 NO 2, SEPTEMBER 2017, 2017.

B. RAMADHAN, "PENGARUH BERAT KAOLIN TERHADAP KONSENTRASI LOGAM DAN SENYAWA ORGANIK PADA PENGOLAHAN LIMBAH OLI BEKAS," 2017.

Downloads

Published

12-10-2024

How to Cite

[1]
D. Mustofa, Firman, L. M. M. Matin, H. Susilawat, and R. Naufalah, “Prototipe Deteksi Kelayakan Oli Berbasis Mikrokontroler Untuk Praktikum di SMK Negeri 9 Garut”, SENTER, vol. 9, pp. 181–188, Oct. 2024.