Analisis Debit Air Terhadap Daya yang Dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Cikandang 2x3 MW Desa Jatiwangi Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut

Authors

  • Restu Sajad Abdillah Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut 44151, Jawa Barat, Indonesia
  • Sani Moch Sopian Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut 44151, Jawa Barat, Indonesia
  • Helfy Susilawati Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut 44151, Jawa Barat, Indonesia.
  • Mokh Mirza Fakultas Teknik, Universitas Garut, Garut 44151, Jawa Barat, Indonesia

Keywords:

Kata Kunci: Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Debit Air, Listrik.

Abstract

Abstrak – Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) merupakan salah satu alternatif yang ramah lingkungan dalam menghasilkan energi listrik. PLTMH Cikandang dengan kapasitas 2x3 MW yang terletak di Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, menjadi objek utama penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh debit air terhadap daya yang dihasilkan oleh PLTMH Cikandang serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor hidrologi yang mempengaruhi ketersediaan debit air untuk pembangkit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer meliputi pengukuran debit air yang masuk ke PLTMH Cikandang dan pengukuran daya yang dihasilkan oleh pembangkit dan perhitungan kebutuhan listrik warga Desa
Jatiwangi Kec. Pakenjeng Kab. Garut. Data sekunder meliputi data historis curah hujan, karakteristik hidrologi sungai, data Badan Pusat Statistik (BPS) dan data operasional PLTMH. Analisis statistik digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara debit air dan daya yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini adalah hasil rekapitulasi energi listrik untuk ketersediaan listrik pltmh adalah sebesar 17,6 GWh per tahun dan untuk kebutuhan listrik warga Desa Jatiwangi Kec. Pakenjeng Kab. Garut adalah 12,73 GWh maka Ketersediaan Listrik PLTMH memadai untuk dijadikan sumber energi listrik Desa Jatiwangi Kec. Pakenjeng Kab. Garut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zakia Liland Fajriani. 2019. Rancang Bangun Pembangkit Listrik Turbin Air (PLTMH) Menggunakan Motor Listrik Sinkron (AC) Type Dinamo (XQD-135A) Sebagai Generator Memanfaatkan Aliran Air.

Hasan, Achmad. Pengontrol Beban Elektronik pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, P3 Teknologi Konversi dan Konservasi Energi, Deputi Teknologi Informasi, Energi, Material dan Lingkungan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

WKV Operation and Maintenance Book. Buku Panduan Operasional PLTMH Desa Pataneteang Kabupaten Bantaeng.

Anto Palawa. 2004. Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Likulambe’ di Kecamatan Sa’dan Balusu Kabupaten Tana Toraja. Skripsi tidak dipublikasikan. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Arismunandar, dkk. 1991. Teknik Tenaga Listrik. Pradnya Paramita: Jakarta.

Supratono. 2005. Sistem Tenaga Listrik, Volume II. Surabaya: Supodadi.

Dr. Susumumu Kuwahara. 1974. Pembangkitan dengan Tenaga Air. Buku Pegangan Teknik Tenaga Listrik, Jilid I. Muhammad Uday 2010.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Universitas Syiah Kuala Darussalam: Banda Aceh

Downloads

Published

12-10-2024

How to Cite

[1]
R. Sajad Abdillah, S. Moch Sopian, H. Susilawati, and M. Mirza, “Analisis Debit Air Terhadap Daya yang Dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Cikandang 2x3 MW Desa Jatiwangi Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut ”, SENTER, vol. 9, pp. 175–180, Oct. 2024.