Sistem Pemantauan dan Pengendalian Suhu dan Kadar Oksigen pada Model Tambak Udang Vaname dengan Teknologi IoT

Authors

  • Patra L Tobing Program Studi Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta
  • Damar Widjaja Program Studi Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta

Keywords:

Tambak udang, kadar oksigen, suhu air, pemantauan, pengendalian, IoT

Abstract

Abstrak - Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan komoditas perikanan bernilai tinggi dengan peran penting di pasar domestik dan global. Budidaya udang ini di Indonesia menggunakan metode intensif untuk meningkatkan produktivitas tambak. Namun budidaya ini juga menghadapi tantangan seperti kualitas air buruk, penyakit, pakan tidak memadai, dan perubahan iklim yang dapat menyebabkan gagal panen. Pengendalian kualitas air, terutama kadar oksigen terlarut dan suhu, menjadi faktor kunci keberhasilan budidaya. Penelitian ini merancang sistem pemantauan dan pengendalian suhu serta kadar oksigen pada tambak udang berbasis Internet of Things (IoT) dengan Arduino Mega sebagai pengendali utama dan ESP32 sebagai pengirim data ke platform Blynk. Sistem menggunakan sensor DO SKU SEN 0237 untuk mengukur kadar oksigen terlarut dan sensor DS18B20 untuk mengukur suhu air. Data dari sensor diproses oleh Arduino Mega dan diteruskan ke ESP32 untuk pemantauan dan pengendalian real time melalui smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dirancang mampu mendeteksi dan mengontrol kondisi air di model tambak udang secara efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhika Rakhmanda, Naila Husnayain, 2021, Membangun Keberlanjutan Pangan dan Perikanan: Ciptakan Udang Segar, Sehat dan Berkualitas melalui Budidaya Udang Berkelanjutan.

Halim, A.M., Krisnawati, M. and Fauziah, A., 2021, Dinamika Kualitas Air Pada Pembesaran Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Secara Intensif Di Pt. Andulang Shrimp Farm Desa Andulang Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Jurnal Penelitian Chanos Chanos, 19(2), pp.143-153.

Detik.com, 2022, Dampak Perubahan Iklim, Udang Tambak di Brebes Gagal Dipanen, diakses 10 Oktober 2023.

Fenenza, 2023, Penyebab Gagal Panen di Tambak Udang & Cara Mengatasinya, diakses 10 Oktober 2023.

Stevanus Hari Wijatmika. 2014. “Alat Ukur Kadar Oksigen Terlarut Dengan Metode Elektrolisis Berbasis ATmega8535”. Tugas Akhir. Universitas Sanata Dharma.

Putri, Novia Indriani. 2020. “Sistem Monitoring Dan Pengendalian Jarak Jauh Tingkat Keasaman Dan Salinitas Kolam Ikan Koi.” Tugas Akhir. Universitas Sanata Dharma.

Labelektronika. “ARDUINO MEGA 2560 MIKROKONTROLER ATmega2560,” diakses 10 Oktober 2023.

Abarca, Roberto Maldonado. "Sistem Mikro Kontroler." Nuevos Sist. Comun. e Inf 4, no. 1 (2021): 2013-2015.

N. Nordin, “Integration of IoT on Power Monitoring and Control for Housing Electrical System,” vol. 2, no. 2, pp. 1–50, 2020.

DFROBOT, “Gravity: Analog Dissolved Oxygen Sensor SKU:SEN0237”, diakses 10 Oktober 2023.

Ikhsan, Rizqy Nurul, and Niken Syafitri. "Pemanfaatan Sensor Suhu DS18B20 sebagai Penstabil Suhu Air Budidaya Ikan Hias." In Prosiding Seminar Nasional Energi, Telekomunikasi dan Otomasi (SNETO), pp. 18-26. 2021.

Downloads

Published

12-10-2024

How to Cite

[1]
P. L Tobing and D. Widjaja, “Sistem Pemantauan dan Pengendalian Suhu dan Kadar Oksigen pada Model Tambak Udang Vaname dengan Teknologi IoT”, SENTER, vol. 9, pp. 120–127, Oct. 2024.