Sistem Pemantauan Tingkat Nutrisi dan pH Menggunakan Arduino berbasis Internet of Things

Authors

  • M. Syauqi Arrobani Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nike Sartika Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

arduino, hidroponik, Internet Of Things, Kadar nutrisi, pH

Abstract

Hidroponik merupakan salah satu metode budidaya tanaman dengan air sebagi medianya, dengan membuat sirkulasi pada air sehingga nutrisi mengalir ke akar tanaman. Masalah yang kerap terjadi pada hidroponik yaitu penurunan kualitas nutrisi tanaman dan juga penuruan kadar keasaman pH pada saat proses sirkulasi air terjadi. Akibatnya tanaman kurang bugar bahkan terjadi penurunan kualitas yang sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan penstabil nilai nutrisi dan kadar agar dapat menjaga kestabilan dengan nilai yang telah ditentukan. Selain itu teknologi Internet of Things dimanfaatkan untuk sistem monitoring yang berkerja selama real time. Sistem ini menggunakan arduino sebagai mikrocontroler, penggunaan TDS meter dan E-201C sebagi sensor untuk mendeteksi nilai nutrisi dan kadar keasaman pH serta pompa sebagai aktuator untuk menyalurkan cairan nutrisi dan pH. Dari hasil pengujian didapatkan nilai rata-rata kesalahan yang didapatkan dari sensor ph dan pH meter sebesar 0,71% dan nilai rata-rata kesalahan yang didapatkan dari sensor nutrisi dan TDS meter sebesar 0,03%. Dengan demikian sistem mampu mempertahankan nilai nutrisi dan kadar pH pada tanaman. Nilai tingkat nutrisi dan pH kemudian dapat dipantau melalui website Blynk sebagai sistemmonitorin gsecara real-time ini menggunakan arduino sebagai mikrocontroler, penggunaan TDS meter dan E-201C sebagi sensor untuk mendeteksi nilai nutrisi dan kadar keasaman pH serta pompa sebagai aktuator untuk menyalurkan cairan nutrisi dan pH. Dari hasil pengujian didapatkan nilai rata-rata kesalahan yang didapatkan dari sensor ph dan pH meter sebesar 0,71% dan nilai rata-rata kesalahan yang didapatkan dari sensor nutrisi dan TDS meter sebesar 0,03%. Dengan demikian sistem mampu mempertahankan nilai nutrisi dan kada pH pada tanaman. Nilai tingkat nutrisi dan pH kemudian dapat dipantau melalui website Blynk sebagai sistemmonitorin gsecara real-time.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. Nurifah dan R. Fajarfika, “Pengaruh Media Tanam pada Hidroponi terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kailan (Brassica Oleracea L.),” Jagros J. Agroteknologi dan Sains (Journal Agrotechnology Sci., vol. 4, no. 2, hal. 281, 2020, doi 10.52434/jagros.v4i2.925.

and A. B. Fitriady, B. Amri, “Sistem Pengaturan pH Larutan Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis Arduino Uno (pH of Hydroponic Plants Nutrient Solution Control System),” J. Innov, vol. 8, no. 1, hal. 1–4, 2019.

P. Denanta Bayuguna Perteka, I. N. Piarsa, dan K. S. Wibawa, “Sistem Kontrol dan Monitoring Tanaman Hidroponik Aeroponik Berbasis Internet of Things,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 3, hal. 197, 2020, doi: 10.24843/jim.2020.v08.i03.p05.

M. Zhulfa, W. Yudhistira, dan J. Aprilio, “Analisis Pemanfaatan Teknologi Mikrokontrolerarduino Dalam Membantu Pemeliharaan Tanaman Sayur Pada Mediatanam Hidroponik,” Semin. Nas. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, hal. 2879–2888, 2021.

G. Devira Ramady dan A. Ghea Mahardika, “Analisis Uji Implementasi Smart Agriculture System Pada Lahan Terbatas Rumah di Wilayah Perkotaan Berbasis Kontrol Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 10, no. 2, hal. 54–60, 2021, doi: 10.30591/smartcomp.v10i2.2310.

D. R. Wati dan W. Sholihah, “PengonWati, D. R., & Sholihah, W. (2021). Pengontrol pH dan Nutrisi Tanaman Selada pada Hidroponik Sistem NFT Berbasis Arduino. Multinetics, 7(1), 12–20. https://doi.org/10.32722/multinetics.v7i1.3504trol pH dan Nutrisi Tanama Selada pada Hidroponik Sist,” Multinetics, vol. 7, no. 1, hal. 12–20, 2021.

W. Darmalaksana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan,” Preprint Digit. Libr. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, hal. 1–6, 2020.

Downloads

Published

19-11-2023

How to Cite

[1]
M. S. Arrobani and N. Sartika, “Sistem Pemantauan Tingkat Nutrisi dan pH Menggunakan Arduino berbasis Internet of Things”, SENTER, pp. 149–156, Nov. 2023.

Viewed

Abstract 9 times
pdf 7 times