Simulasi Flip Flop Menggunakan MATLAB

Authors

  • Arjuna Fikri Tri Firmansyah Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, FKIP, Universitas Sultan
  • Gelen Veranda Deanda Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, FKIP, Universitas Sultan
  • Aditio Nugroho Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, FKIP, Universitas Sultan
  • Didik Aribowo Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia

Keywords:

Matlab, Flip-flop, LED, Komponen

Abstract

Rangkaian flip flop merupakan rangkaian elektronika yang tersusun dari beberapa rangkaian dimana output dari rangkaian ini akan ditampilkan oleh dua buah Light Emitting Diode (LED) yang akan menyala berkedip secara bergantian. Karena nyala yang berkedip bergantian inilah banyak orang menyebutnya dengan nama flip flop. Rangkaian flip flop sederhana ini menggunakan transistor sebagai saklar dengan menggunakan IC555. Pada flip-flop JK ini, masukan J dan K disebut masukan pengendali karena kedua masukan ini yang menentukan keadaan yang harus dipilih oleh flip-flop pada saat pulsa clock tiba (dapat pinggiran positif atau negatif, tergantung kepada jenis flipflopnya). flip-flop ini berbeda dengan flip-flop-D karena pada flip-flop-JK masukan clock adalah masukan yang dicacah, danmasukan J serta K adalah masukan yang mengendalikan flip-flop tersebut. dan menggunakan aplikasi matlab untuk memunculakan gelomabang dan kita tau hasil gelmbong yang dihasilan oleh Rangkaian Flip-flop. Model yang dikembangkan menggunakan SIMULINK/SimEvent yang disediakan olehaplikasi MATLAB.

The ip op circuit is an electronic circuit composed of several a circuit where the output of this circuit will be displayed by two lights The Emitting Diode (LED) that will light up flashes alternately. Because it's on which blinks alternately this is what many people call it by the name ip op.This simple ip op circuit uses a transistor as a switch with using IC555. In this JK flip-flop, inputs J and K are called control inputs because these two inputs determine which state the flip-flop should select when the clock pulse arrives (it can be either positive or negative edge, depending on the type offlip-flop). This flip-flop differsfrom a D-flip-flop in that in a JK-flip-flop the clock input is the input that is counted, and the J and K inputs are the inputs that control the flip-flop. and use the Matlab application to generate waves and we know the results of the bubbles generated by the Flip-flop Circuit.The model is developed using SIMULINK/SimEvent from MATLAB.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beshop. (2004). Dasar-dasar Elektronika. Jakarta: Erlangga.

Godse. (2009). Elektronik Digital. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Widjanarka. (20006). Teknik Digital. Jakarta: Erlangga

Zuhal. (2004). Prinsip Dasar Elektronik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Z. Yang, X. Huang, C. Du, M. Tang, and F. Yang, “Matlab ,” pp. 5203–5207, 2008.

B. Zhou, J. Cao, X. Zeng, and H. Wu, “Using matlab to flip-flop”, 2010 IEEE 72nd, pp. 1–5,2010.

S. Sumaryo, A. Halim dan K. Ramli, “Simulation Model Flip-Flop,” Quality in Research, 2013.

Downloads

Published

06-04-2023

How to Cite

[1]
A. F. T. Firmansyah, G. V. Deanda, A. Nugroho, and D. Aribowo, “Simulasi Flip Flop Menggunakan MATLAB”, SENTER, pp. 20–25, Apr. 2023.

Viewed

Abstract 870 times
pdf 442 times