Strategi Penerapan Open Broadcasting Software (OBS) Pada Webinar

Authors

  • Azwar Mudzakkir Ridwan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

zoom, webinar, OBS, AHP

Abstract

Pandemi memberikan sebuah perubahan yang luarbiasa dalam kegiatan sehari-hari seluruh manusia saat ini. Imbas dari pandemi bahkan terjadi di dunia pendidikan. Perubahan yang sangat terasa yaitu kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka atau luring tetapi karena pertimbangan kesehatan harus dilakukan secara virtual (online). Hal tersebut memicu beragam penyesuaian kegiatan selain kegiatan belajar mengajar di kelas, kegiatan lain yang berubah kebiasaan adalah kegiatan seminar yang saat ini bernama webinar karena dilakukan secara daring. Perlu penyesuaian dan trik khusus dalam kegiatan webinar ini supaya dalam pelaksanaanya masih tetap memberikan pemahaman dan kenyamanan bagi audiens. Penggunaan aplikasi video conference seperti zoom memberikan kemudahan dalam penyampaian pesan maupun materi, namun karen kegiatannya dilakukan secara daring maka seringkali audiens merasa cepat bosan karena hanya melihat tampilan yang monoton. Menanggapi hal ter sebut terdapat beberapa alternatif aplikasi yang dapat dikombinasikan dengan zoom diantaranya adalah Open Broadcasting Software (OBS) yang dapat memberikan tampilan lebih dalam ruang virtual. Penelitian ini berfokus bagaimana penerapan strategi OBS dalam kegiatan online salah satunya webinar dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil kuisioner yang diisi oleh pakar yaitu stake holder memberikan penilaian sebesar 72.6% OBS tepat digunakan untuk webinar dan sebesar 27.4% cocok untuk rapat.

 

The pandemic changes the order of human daily life. The education system is one of the most affected by the pandemic. A noticeable change is that teaching and learning activities are no longer carried out face-to-face or offline but are done virtually (online) due to health considerations. This has triggered various adjustments in activities other than teaching and learning activities in the classroom. Another activity that has changed is a seminar which is currently named webinar because the seminar is conducted online. Special adjustments and tricks are needed in this webinar activity so that in its implementation the audience feels comfortable following the webinar and understands the material presented. The use of video conferencing applications such as zoom makes it easier to deliver messages and materials, but audiences often feel bored quickly because webinars are conducted online where they only see a monotonous display. In response to this, there are several alternative applications that can be combined with zoom including Open Broadcasting Software (OBS) which can provide a deeper view of the virtual space. This study focuses on how to implement the OBS strategy in online activities such as webinars using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method. The results of the questionnaire were filled out by experts where stakeholders gave an assessment of 72.6% of OBS were appropriate for webinars and 27.4% were suitable for meetings.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Fadilah, P. Yudhapramesti, and N. Aristi, “Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio,” J. Kaji. Jurnalisme, vol. 1, no. 1, pp. 90–104, 2017, doi: 10.24198/kj.v1i1.10562.

Kompas, “rangkaian peristiwa pertama covid-19,” Kompas, 2020.

A. S. Syarifudin, “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones. Met., vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020, doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.

M. I. Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. 2020.

S. Sastri, Wiryotinoyo, Mujiyono, “Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Menulis Berita Singkat,” Pena, vol. 3, no. 2, pp. 1–13, 2013.

W. He, G. Xu, and S. E. Kruck, “Online is education for the 21st century,” J. Inf. Syst. Educ., vol. 25, no. 2, pp. 101–105, 2014.

S. Palvia et al., “Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications,” J. Glob. Inf. Technol. Manag., vol. 21, no. 4, pp.233–241, 2018, doi: 10.1080/1097198X.2018.1542262.

S. Subiyantoro, “Buku Pendidikan Seminar: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran.” pp. 1–183, 2012.

H. Basri, Landasan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2013.

E. a. Mansyur, Anaway Irianti, “Webinar Sebagai Media Bimbingan Klasikal Sekolah untuk Pendidikan Seksual Berbasis Online,” SULOH, vol. 4, no. 2, pp. 1–13, 2019.

M. Layla, “Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Mengikuti Webinar Selama Pandemi Covid-19 Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Dosen Stain Sultan Abdurrahman Kepri),” TANJAK J. Educ. Teach., vol. 1, no. 2, pp. 169–177, 2020, doi: 10.35961/tanjak.v1i2.142.

Downloads

Published

06-04-2023

How to Cite

[1]
A. M. Ridwan, “Strategi Penerapan Open Broadcasting Software (OBS) Pada Webinar”, SENTER, pp. 214–221, Apr. 2023.