Prototipe Kelas Pintar (Smart Class) dengan Memanfaatkan Teknologi IoT

Authors

  • Tita Aisyah Institut Teknologi Indonesia
  • Yogi Ristam Roshadi Institut Teknologi Indonesia
  • Adi Setiawan Institut Teknologi Indonesia

Keywords:

RFID, Database, Internet of Things, Relay, Kelas Pintar, Education 4.0

Abstract

Efektivitas dan efisiensi penggunaan ruang kuliah dan peralatan listrik pendukungnya seringkali terabaikan. Misalnya sering ditemukan kondisi ruangan perkuliahan yang sudah tidak digunakan, tetapi lampu dan AC masih dalam keadaan menyala. Dengan perkembangan teknologi, sistem penjadwalan dan penggunaan ruang kuliah konvensional dapat digantikan dengan sistem baru yang lebih canggih dengan memanfaatkan IoT (Internet of Thing). Pemanfaatan IoT dalam hal ini dapat mewujudkan kelas pintar (smart class) pada Education 4.0. Dalam perancangan prototipe kelas pintar ini, IoT dihubungkan dengan alat listrik di ruang kuliah, seperti Air Conditioner (AC) dan lampu berbasis sistem database mysql. Database digunakan untuk penyimpanan data e-KTP dosen dan penjadwalan perkuliahan. E-KTP dosen digunakan untuk mengakses ruang perkuliahan yang akan dibaca oleh RFID reader. Sistem ini dapat mengontrol aktivasi alat listrik di ruang perkuliahan menggunakan relay agar penggunaannya pada ruang perkuliahan sesuai dengan penjadwalan. Jadwal penggunaan ruang kuliah dapat diubah dan ditambah melalui webserver sesuai dengan yang diinginkan. RFID yang digunakan memiliki kemampuan membaca kartu e-KTP berjarak maksimal 1 cm. Penggunaan listrik di ruang perkuliahan dilakukan berdasarkan aktivasi e-KTP dari pengguna yang sudah dijadwalkan. Penjadwalan ruang perkuliahan serta pendaftaran e-KTP dapat dilakukan melalui webserver. Berdasarkan ujicoba terhadap prototype yang dirancang, jadwal kuliah dibuat berdasarkan data hari, waktu mulai, waktu selesai, nama mata kuliah, ruang kelas, nama pengguna, dan UID e-KTP pengguna. Admin dapat menambahkan pengguna dan jadwal perkuliahan melalui web server.

 

The effective and efficient use of classroom and its supporting electrical appliances is often neglected. For example, lamps or air conditioners are still working while there is nobody using the classroom at campus. With the advance of technology, such as Internet of Things (IoT) the implementation of smart class using it becomes reality, especially to support Education 4.0. In this research, a prototype was developed connecting lamps and air conditioners usage with classroom schedule created using mysql database. The database was used to store classes schedule and identity cards (e-KTP) of lecturers. The card read by RFID reader was used to give access for classroom usage. The system was able to control activation of electrical appliances in the prototype using relay to match with class schedule. The schedule and registration of e-KTP could be done through webserver at will. RFID could read e-KTP within 1 cm distance at most. Electricity usage was controlled through activation of registered and scheduled e-KTP. The result of this research shows user can add, change and delete schedule and registered e-KTP using days, starting time, ending time, class subjects, classroom, lecturer’s names and UID’s e-KTP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

OK. Sulaiman, A. Widarma, “Sistem Internet Of Things (IOT) Berbasis Cloud Computing Dalam Campus Area Network,” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Oris_Sulaiman/publication/316506717_Sistem_Internet_Of_Things_IoT_Berbasis_Cloud_Computing_dalam_Campus_Area_Network/links/59016f8ba6fdcc8ed50f14f6/Sistem-Internet-Of-Things-IoT-Berbasis-Cloud-Computing-dalam-Campus-Area-Network.pdf. [Accessed Dec. 5, 2019].

D.Pratyahara, Revolusi Industri 4.0 Siap Menghadapi dan Menyambut Tantangan Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020.

R. Mulyawan, “Mengenal Pengertian Smart Home: Fungsi, Manfaat, Karakteristik,Kelebihan dan Kekurangannya,” May 1st, 2019. [Online]. Available: https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian-smart-home/. [Accessed Sept. 7, 2020].

YR. Roshadi, “Implementasi Sistem Penggunaan Ruang Kuliah Menggunakan IoT,” Tugas Akhir S1, Institut Teknologi Indonesia, Tangerang Selatan, 2020.

L. Noerochim, 10+ Kesalahan dalam Penulisan Artikel Ilmiah (Jurnal, Skripsi, Tesis dan Disertasi). Boyolali: Kaaffah Penerbit, 2019.

D.A. Aziz, “Webserver Based Smart Monitoring System Using ESP8266 NodeMCU Module,” International Journal of Scientific and Engineering Research. Vol. 9, Issue 6, p. 801, June 2018. [Abstract]. Available: Researchgate, https://www.researchgate.net. [Accessed November 25, 2019].

Syafii, R. Muhammad, M. Ikhwanus, M. Jannah, “Desain dan Implementasi Sistem Keamanan Locker Menggunakan E-KTP Berbasis Arduino Pro Mini,” Jurnal Energi Elektrik. Vol. 7, No. 2, 2018. [Online serial]. Available: https://ojs.unimal.ac.id/index.php/energi-elektrik/article/view/1058. [Accessed August 25, 2020].

A. Savitri, Bonus Demografi 2030 Menjawab Tantangan Serta Peluang Edukasi 4.0 dan Revolusi Bisnis 4.0. Semarang: Penerbit Genesis, 2019.

Published

08-01-2021

How to Cite

[1]
T. . Aisyah, Y. R. . Roshadi, and A. . Setiawan, “Prototipe Kelas Pintar (Smart Class) dengan Memanfaatkan Teknologi IoT”, SENTER, pp. 83–92, Jan. 2021.

Viewed

Abstract 1097 times
pdf (Bahasa Indonesia) 574 times