Rancang Bangun Board Trainer Raspberry Pi Untuk Pembelajaran Pemrograman Lanjut

Authors

  • Gilang Ary Tasika Politeknik Kota Malang
  • Kholilatul Wardani Politeknik Kota Malang
  • Andik Atmaja Politeknik Kota Malang
  • Irvania Sukma Kumala Politeknik Kota Malang

Keywords:

Raspberry Pi, Board Trainer

Abstract

Raspberry Pi merupakan komputer papan tunggal seukuran dengan kartu kredit yang banyak digunakan untuk pemrograman web, controlling komponen elektronika, dan pembelajaran tentang ilmu komputer. Penelitian ini membuat board trainer Raspberry Pi untuk pembelajaran mata kuliah mengenai Pemrograman Lanjut. Board Trainer ini dilengkapi dengan tujuh komponen elektronika dan dilapisi box berukuran 30 cm×28 cm. Komponen-komponen elektronika yang digunakan antara lain MAX7219 Led Matrix, Camera, Motor Stepper, DHT 22, Rotary Encoder, Modem Huawei E173 yang memiliki output berbeda dari masing-masing komponen elektronika tersebut. Dari pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil prosentase selisih kesalahan (error) antara script untuk menjalankan perintah dan hasil perintah setelah script dieksekusi. Prosentase selisih error dari hasil perintah menjalankan Camera sebesar 0%, Motor Stepper memiliki selisih error sebesar 0%, DHT22 memiliki selisih error sebesar 0%, MAX7219 Led Matrix memiliki selisih error sebesar 0%, Rotary Encoder memiliki error sebesar 0%, Modem Huawei E173 memiliki error sebesar 0%. Board trainer ini dapat diakses melalui 2 antarmuka, yaitu jaringan LAN dan Web Server.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Yonathan, Y. Bandung dan A. Z. Langi, “Analisis kualitas layanan (QoS) audio-video layanan kelas virtual di jaringan digital learning pedesaan,” In Proc. Konferensi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, Bandung, ’06, 2011, pp. 1-21.

W. J. Li, S. C. Tung and S. M. Huang, “Beb based Supervisory Control System Based on Raspberry Pi”, Advanced Science Letters, Vol 764-765, pp.642, 2014.

Asadi, Aaron, Raspberry Pi the Complete Manual. United Kingdom: Imagine Publishing Ltd, 2013.

Aosong (Guangzhou) Electronics Co., Temperature and Humidity Module, AM2302 Product Manual, 2012.

Published

20-03-2020

How to Cite

[1]
G. A. Tasika, K. Wardani, A. Atmaja, and I. S. Kumala, “Rancang Bangun Board Trainer Raspberry Pi Untuk Pembelajaran Pemrograman Lanjut”, SENTER, pp. 388–396, Mar. 2020.

Viewed

Abstract 156 times
pdf (Bahasa Indonesia) 126 times