Simulasi Pembelajaran Code Division Multiple Access (CDMA) Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional 8

Authors

  • Febian Yudha P Politeknik Kota Malang
  • Kholilatul Wardani Politeknik Kota Malang

Keywords:

Macromedia Flash Professional 8, CDMA, Sistem Komunikasi Bergerak

Abstract

Code Division Multiple Access (CDMA) adalah sebuah bentuk pemultipleksan dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu atau frekuensi. Dalam Tugas Akhir ini dibuat sebuah simulasi Code Division Multiple Access (CDMA) sebagai modul pembelajaran mata kuliah Sistem Komunikasi Bergerak untuk Program Studi Teknik Telekomunikasi di Politeknik Kota Malang. Untuk pembuatan simulasi ini menggunakan Software Macromedia Flash Professional 8 karena simulasi berupa animasi (Flash Interactive). Pada simulasi terdapat penjelasan tentang apa saja yang merupakan bagian dari CDMA baik itu arsitektur jaringan maupun teknologi yang digunakan. Terdapat juga penjelasan untuk hubungan antar setiap pengguna seluler serta tanya jawab yang ada pada simulasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Sarah, Institut Teknologi Telkom, 2008, Teknologi Jaringan Nirkabel, Bandung

Mufti, Nachwan A, 2003, Sistem Komunikasi Bergerak Seluler, Bandung : Bagian Penertiban Sekolah Tinggi Teknik Telkom

Santoso, Gatot, 2004, Sistem Seluler CDMA, Yogyakarta : Graha Ilmu

Wibisono, Gunawan, 2008, Konsep Teknologi Seluler, Bandung : Informatika Bandung Wardani, Kholilatul, 2017, Jaringan Seluler, Malang: Politeknik Kota Malang

Published

2020-03-20

How to Cite

[1]
F. Y. P and K. Wardani, “Simulasi Pembelajaran Code Division Multiple Access (CDMA) Dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional 8”, SENTER, pp. 366-375, Mar. 2020.