Taksonomi Tinjauan Keamanan Pada Jaringan IP Camera

Authors

  • Slamet Indriyanto Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Budi Rahardjo Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung

Keywords:

IP Camera, Keamanan, Internet

Abstract

IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini, namun istilah “IP Camera” atau “Network Camera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP ca-mera memanfaatkan jaringan network TCP/IP untuk mentransmisikan data nya. Berbeda dengan Web Cam (Web Camera) yang memerlukan PC/komputer dengan software untuk dapat digunakan, IP Camera dapat langsung terkoneksi dengan switch / hub dalam jaringan network TCP/IP dan dapat diakses online via internet melalui laptop, handphone, tablet dan mobile devices. Beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan jumlah penggunaan IP Camera yang signifikan di berbagai tempat, termasuk market, mall, farmasi, bioskop, sekolah dan tempat umum lainnya. Dengan penggunaan yang tersebar luas, keamanan dari IP camera ini muncul menjadi masalah yang penting dan perlu untuk dipelajari secara detail. Dengan terhubungnya kamera dengan internet maka meningkatkan resiko keamanan pada perangkat IP camera ini. Untuk itu tinjauan mengenai beberapa ancaman dan serangan yang mungkin terjadi pada jaringan IP camera perlu dilakukan. Pada paper ini secara umum akan membahas mengenai kerentanan pada jaringan IP camera dan ancaman yang mugkin terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Stealth.co.id. “IP Camera”. [Online]. Available: http://www.stealth.co.id/kamera-cctv/ip-camera/. [Accessed Desember 2016].

Aetherica.com. “IP Camera”. [Online]. Available: http://www.aetherica.com/ip_camera.html, [Accessed November 2016].

A. Takeoglu and A.S. Tosun, “Investigating Security and Privacy of a Cloud-Based Wireless IP Camera: NetCam, “ in 2015 24th International Conference on Computer Communication and Networks (ICCCN), 2015, pp. 1-6.

B. Groza, I. Silea, D. Pop, and V.-V. Patriciu, “Towards Developing Secure Video Surveillace System over IP,” in 2009 4th International Conference on Internet Monitoring and Protection (ICIMP), 2009, pp.27-33.

Y. Gu et al., “Design and Implementation of UPnP-Based Surveillance Camera System for Home Security,” in 2013 International Conference on Information Science and Applications (ICISA). 2013, pp.1-4.

C. Wampler, S. Uluagac, and R. Beyah, “Information Leakage in Encrypted IP Video Traffic, “ in 2015 IEEE Global Communication Conference (GLOBECOM), 2015, pp. 1-7.

G.W. Kim and J.W. Han, “Security Model for Video Surveillance system,” in 2012 International Conference on ICT Convergence (ICTC), 2012, pp. 100-104.

Lucian Constantin, “Widely used wireless IP camera open to hijacking over the internet”. [Online]. Available: http://www.pcworld.com/article/2033821/security/widely-used-wireless-ip-cameras-open-to-hijacking-over-the-internet-researchers-say.html. [Accessed Desember 201.

Published

27-01-2019

How to Cite

[1]
S. Indriyanto and B. Rahardjo, “Taksonomi Tinjauan Keamanan Pada Jaringan IP Camera”, SENTER, pp. 164–172, Jan. 2019.

Viewed

Abstract 483 times
PDF (Bahasa Indonesia) 612 times