Rancang Bangun Sistem Kontrol Kekentalan dan Temperatur pada Digester Anaerob

Authors

  • M Aziz Muslim Jurusan Teknik Elektro, F. Teknik, Universitas Brawijaya
  • Rahmadwati Rahmadwati Jurusan Teknik Elektro, F. Teknik, Universitas Brawijaya
  • Aldilo Aldilo Jurusan Teknik Elektro, F. Teknik, Universitas Brawijaya
  • Gigih Gumilar Jurusan Teknik Elektro, F. Teknik, Universitas Brawijaya
  • Retnowati Retnowati Jurusan Teknik Elektro, F. Teknik, Universitas Brawijaya

Keywords:

Biogas, digester anaerob, kontrol kekentalan, kontrol temperature

Abstract

Biogas adalah salah satu sumber energi terbarukan yang prospektif. Biogas yang sebagian besar terdiri dari gas methan dan karbondioksida diproduksi pada reaktor biogas (digester) melalui proses yang berlangsung secara anaerob. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi efektifitas terbentuknya biogas (terutama gas methan). Dua diantaranya adalah faktor kekentalan bahan mentah yang masuk dan temperatur. Pada penelitian ini diusulkan penambahan sistem kontrol bagi pengaturan kekentalan dan suhu pada digester anaerob yang berlangsung secara thermophylic. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa secara teknis perlatan ini dapat berjalan dengan baik. Diperoleh hasil campuran bahan mentah yang memiliki kekentalan ideal dan reaksi yang berlangsung pada suhu yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Ullah Khan et al., “Biogas as a renewable energy fuel – A review of biogas upgrading, utilisation and storage,” Energy Convers. Manag., vol. 150, pp. 277–294, Oct. 2017.

I. Angelidaki et al., “Biogas upgrading and utilization: Current status and perspectives,” Biotechnol. Adv., vol. 36, no. 2, pp. 452–466, Mar. 2018.

S. Wahyuni, Biogas, Sumber Biogas, Jenis Digester dan Cara Membuat Instalasi Biogas, Cara Mengoprasikan untuk Rumah Tangga dan Listrik. Penebar Swadaya, 2011.

J. Da Costa and B. Sudarmanta, “Optimasi Produksi Biogas pada Anaerobic Digester Biogas Type Horisontal,” presented at the Seminar Nasional XIV - FTI-ITS Surabaya 2009, Kampus ITS Sukolilo Surabaya, Indonesia, 2009.

K. Ogata, Modern control engineering, 5th ed. Boston: Prentice-Hall, 2010.

Published

2019-01-27

How to Cite

[1]
M. A. Muslim, R. Rahmadwati, A. Aldilo, G. Gumilar, and R. Retnowati, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Kekentalan dan Temperatur pada Digester Anaerob”, SENTER, pp. 132-137, Jan. 2019.