Sistem Kendali Dan Monitoring Level Air Pada Dua Tangki Menggunakan NI DAQ

Authors

  • Alief Wicaksono Rusmana Putra Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heri Haryanto Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Kendali dua tangki, Level air, Laju debit air, HMI, NI DAQ 6008

Abstract

Pengendalian level air pada dua tangki merupakan tolak ukur klasik dalam permasalahan sistem kendali. Penggunaan dua tangki banyak ditemukan dalam banyak sistem nyata seperti distilasi, proses boiler, kilang minyak dan masih banyak lagi. Permasalahan pada proses ini adalah untuk mengatur level air dan laju air diantara kedua tangki. Sistem kendali di butuhkan agar air yang dialirkan dapat mengisi tangki dan dialirkan pada tangki berikutnya secara sistematis. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pengendalian level air pada dua tangki beserta perangkat kerasnya untuk diteliti. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengendalikan sistem dua tangki, namun penelitian ini membahas rancang bangun sistem kendali dan monitoring dua tangki pada skala laboratorium. Penggunaan Labview untuk membuat Human Machine Interface (HMI) dan National Instruments Data Acqusition (NI DAQ) 6008 sebagai data akusisi pada penelitian ini terbukti dapat mengatasi permasalahan sistem dua tangki dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahapatro SR. Control Algorithms for a Two Tank Liquid Level System: An Experimental Study. Thesis. Odisha: National Institute of Technology;2014.

Fellani MA, Aboubaker MG. PID Controller Design for Two Tanks Liquid Level Control System Using Matlab. International Journal of Application or Innovation in Engineering & Management (IJAIEM). 2015; 4(5): 5-10.

Das R, Sayantan D, Anusree S, Kaushik S. Automation of Tank Level Using Plc and Establishment of Hmi by Scada. IOSR Journal of Electrical and Electronics Engineering (IOSR-JEEE). 2013; 7(2): 61-67.

Haryanto H, Sarif H. Perancangan HMI (Human Machine Interface) untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC. SETRUM. 2012; 1(2): 9-16.

Heriyanto. Pengendalian Proses. Bandung: Politeknik Negeri Bandung. 2010.

Published

18-01-2018

How to Cite

[1]
A. W. R. Putra and H. Haryanto, “Sistem Kendali Dan Monitoring Level Air Pada Dua Tangki Menggunakan NI DAQ”, SENTER, pp. 78–90, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 534 times
PDF (Bahasa Indonesia) 471 times