Rancangan Robot Mobil Gripper Dikendalikan Oleh Android Melalui Komunikasi Bluetooth

Authors

  • Dwi Putra Silitonga STMIK-“AMIKBANDUNG”
  • Tuti Hartati STMIK-“AMIKBANDUNG”

Keywords:

Smartphone, Mikrokontroler, Arduino, Bluetooth

Abstract

Peralatan elektronik dan robot hampir tidak terlepas dari kehidupan manusia untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam pemenuhan kebutuhan. Aktifitas sehari-hari banyak dilakukan melalui smartphone sebagai alat yang hampir selalu dalam genggaman. Saat ini banyak mobil robot yang dikendalikan hanya menekan tombol remote. Perkembangan teknologi microcontroller seperti Arduino dapat diintegrasikan dengan alat yang lain, bukan hanya dengan robot saja. Dan sering melihat pekerjaan mengangkat barang yang sangat menguras tenaga manusia, sehingga dibuatlah fungsi robot untuk memperkecil terjadi kecelakaan yang berhubungan dengan tugas fisik yang menguras tenaga, memposisikan sebuah benda, dan memindahkan barang dari satu tempat ketempat lain. Menanggapi permasalahan yang ada di bidang industri serta memanfaatkan media seluler yang tidak hanya dipakai untuk sms dan telephone saja, tapi bisa digunakan untuk pengendalian sebuah robot jarak jauh seperti smartphone android. Penelitian ini membuat smartphone terhubung dengan mikrokontroler arduino yang digunakan sebagai pengendali alat elektronik. Obyek yang dugunakan alah mobil robot gripper. Metode penelitian yang dilakukan aldalah studi literature dan experiment. Arduino diprogram menggunakan bahasa C untuk menjalankan motor supaya bergerak sesuai dengan data masukan yang dikirim melalui Android. Penelitian ini menghasilkan mobil robot gripper yang dikendalikan dengan smartphone Android melalui koneksi Bluetooth. Hasil pengujian menunjukkan bahwa antar muka Android dibuat user-friendly dan komunikasi antara Smartphone Android dengan Arduino dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Teori Robot dan Cara Kerja Robot. Availbale online at http://www.hexapodrobot.com/products/robots/Hexapod_MSR-uBug.html (diakses pada tanggal 17 Juni 2017).

Robot Berkaki dan Penerapannya. Availbale online at http://www.hexapodrobot.com/products/robots/Hexapod_MSRuBug.html (diakses pada tanggal 11 Juni 2017).

Modul Bluetooth HC-05. Availbale online at https://arduino-info.wikispaces.com/BlueTooth-HC05-HC06-Modules-How-To (diakses pada tanggal 12 Juni 2017).

Komunikasi Modul Bluetooth HC-05. Availbale online at http://rndc.or.id/wiki/index.php?title=Komunikasi_Menggunakan_Modul_Bluetooth_HC-05 (diakses pada tanggal 12 Juni 2017). [5] TowerPro SG90 Mini Servo. Availbale online at http://delta-electronic.com/article/wp-content/uploads/2014/05/walker1.jpg (diakses pada tanggal 14 Juni 2017).

Pulse pada Servo. Availbale online at http://delta-electronic.com/article/wp-content/uploads/2014/05/walker3.jpg (diakses pada tanggal 14 Juni 2017).

Gripper digerakkan oleh Servo. Availbale online at http://www.saripudin.net/2011/09/kendali-motor-servo-dengan-pulse-width.html (diakses pada tanggal 11 Juni 2017).

LED (Light Emiting Diode) . Available online at https://en.wikipedia.org/wiki/Light-emitting_diode (Diakses pada tangga l 9 Juli 2017).

Software Arduino & Board Arduino. Available online at https://www.arduino.cc/en/Guide/HomePage (Diakses pada tanggal 4 Agustus 2017).

Handphone dengan Sistem Operasi Android. Available online at https://developer.android.com/distribute/tools/promote/brand.html (Diakses pada tanggal 5 Agustus 2017).

Software Basic For Android .Available online at https://www.b4x.com/b4a.html (Diakses pada tanggal 8 Agustus 2017).

Konstruksi Motor DC. Available online at http://meriwardana.blogspot.co.id/2011/11/prinsip-kerja-motor-arus-searah-dc.html (Diakses pada tanggal 12 Agustus 2017).

MOTOR DC dengan DRIVER H-BRIDGE. Available online at http://elektronika-dasar.web.id/driver-motor-dc-h-bridge-transistor/ (Diakses pada tanggal 12 Agustus 2017).

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
D. P. Silitonga and T. Hartati, “Rancangan Robot Mobil Gripper Dikendalikan Oleh Android Melalui Komunikasi Bluetooth”, SENTER, pp. 62-77, Jan. 2018.