“RAPOT DOSEN” Sebagai Sarana Evaluasi Kinerja Dosen (Studi Kasus STMIK “AMIKBANDUNG”)

Authors

  • Martiti Martiti STMIK “AMIKBANDUNG”
  • Christina Juliane STMIK “AMIKBANDUNG”

Keywords:

evaluasi kinerja dosen, rapot dosen, kinerja dosen STMIK “AMIKBANDUNG”

Abstract

Evalusi kinerja dosen merupakan suatu proses yang dilaksanakan sebagai upaya untuk mengkaji kinerja dosen selama belajar mengajar. Tujuan diadakannya evaluasi ini yaitu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar (PBM). Salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang selalu berupaya untuk melaksanakan program evaluasi kinerja dosen adalah STMIK “AMIKBANDUNG”. Namun sistem evaluasi kinerja tersebut belum memenuhi kriteria yang tepat sebagai evaluasi kinerja dosen karena hanya menilai indikator tridharma bidang pengajaran sedangkan bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat belum dijadikan indikator. Hal ini menyebabkan pihak Lembaga kesulitan untuk mengetahui progress penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen.Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dirancang sebuah sistem aplikasi “RAPOT DOSEN” sebagai sarana evaluasi kinerja dosen dengan indikator penilaian berupa bidang pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat. Dalam penelitian ini teknik perancangan basis datanya menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan mengunakan uji instrumen indikator evaluasi kinerja melalui uji validitas dan realibilitas sehingga butir pertanyaan dalam sistem evaluasi dapat dipertanggungjawabkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.2012: 15.

Samani M. Penjelasan Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. 2010:4.

Kustono Djoko, Machbub Carmadi. Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi .2010:5-7.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005: 6.

Pedoman Survey Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya .2014

Wibawa Sutrisna.Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat).Yogyakarta: Ristek Dikti.2017.

Pedoman Kuesioner PBM Universitas Brawijaya.Malang: Lembaga Penjamin Mutu Akademik Universitas Brawijaya.2010.

Pedoman Kuesioner PBM Universitas Negeri Solo.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.2006.

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
M. Martiti and C. Juliane, ““RAPOT DOSEN” Sebagai Sarana Evaluasi Kinerja Dosen (Studi Kasus STMIK ‘AMIKBANDUNG’)”, SENTER, pp. 336-344, Jan. 2018.