Penentuan Optimalisasi TSP (Travelling Salesman Problem) Distribusi Barang Menggunakan Algoritma Genetika Di Buka Mata Adv

Authors

  • Teguh Nurhadi Suharsono Program Studi Teknik Informatika Universitas Sangga Buana YPKP
  • Muhamad Reza Saddat Program Studi Teknik Informatika STMIK LPKIA

Keywords:

Pengiriman Barang, Travelling Salesman Problem, Algoritma Genetika

Abstract

Pengiriman barang merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu bidang usaha. Segala upaya diusahakan agar barang cepat kepada konsumen dan bisa di terima dalam kondisi yang baik. Namun seringkali proses distribusi tersebut mengalami kendala dengan masalah transportasi yang ada, misalnya bagaimana cara meminimalkan jarak dan biaya transportasi pada proses distribusi. Permasalahan tersebut dikenal sebagai TSP (Travelling Salesman Problem) Penyelesaian untuk masalah TSP ini mengharuskan perhitungan terhadap semua kemungkinan rute yang dapat diperoleh, kemudian memilih salah satu rute yang terpendek. Untuk itu jika terdapat n kota yang harus di kunjungin, maka diperlukanan proses pencarian sebanyak (n-1)!/2n rute. Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian terhadap kurir yang mengalami kesulitan dalam menentukan optimalisasi penentuan jalur distribusi barang, dalam hal ini penulis mengimplementasikan Algoritma Genetika. Algoritma Genetika merupakan salah satu algoritma pencarian solusi yang didasarkan pada suatu populasi yang bertujuan untuk memudahkan mencari rute distribusi barang. Berdasarkan hasil dari generate algoritma genetika, algoritma genetika akan menghasilkan rute dengan posisi awal dan posisi akhir yang berbeda dari posisi saat ditentukan sebelum dilakukan proses generate, dikarenakan algoritma genetika akan menghasilkan rute dimana posisi awal dan akhir yang lebih optimal dilakukan menurut hasil dari proses genetika, maka dari itu hasil yang didapatkan cukup berhasil untuk memudahkan pemrosesan algoritma genetika pada penentuan jalur optimasi distribusi barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Davendra, Traveling Salesman Problem, Theory and Applications. Croatia: Janeza Trdine, 2010.

Zainudin Zukhri, Algoritma Genetika Metode Komputasi Evolusioner Untuk Menyelesaikan Masalah Optimasi. Yogyakarta: CV. ANDI, 2014.

Edgar G. Goodaire and Michael M. Parmenter, Discrete Mathematics with Graph Theory., 2015.

S. Otri, Improving The Bees Algorithm For Complex Optimisation Problems. United Kingdom: Manufacturing Engineering Centre, Cardiff University, 2011.

S. Puspitorini, Penyelesaian Masalah Traveling Salesman Problem Dengan Jaringan Saraf Self Organizing.: Media Informatika, 2009.

Lumbantobing, H. Hidayatno, and A. Darjat, Penerapan Algoritma Genetika pada Perencanaan Lintas Kendaraan.: Universitas Diponegoro, 2011.

A. Fitrah, A. Zaky, and Fitrasani, Penerapan Algoritma Genetika pada Persoalan Pedagang Keliling (TSP).: Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika ITB, 2006.

Roger Pressman, Software Enginering : A Practitioner's Approach, Seventh Edition ed. New York: McGraw-Hill, 2010.

A. Muhammad, Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada Kaltimgps. Com Di Samarinda., 2014.

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
T. N. Suharsono and M. R. Saddat, “Penentuan Optimalisasi TSP (Travelling Salesman Problem) Distribusi Barang Menggunakan Algoritma Genetika Di Buka Mata Adv”, SENTER, pp. 326-335, Jan. 2018.