Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Bentuk Molekul
Keywords:
Augmented Reality, Pengenalan citra, AndroidAbstract
Pada pelajaran SMA terdapat materi berupa bentuk-bentuk molekul, namun dalam kegiatan belajar mengajar bentuk-bentuk molekul tersebut hanya dijelaskan melalui teks dan gambar dari buku. Dalam beberapa kasus siswa kesulitan dalam memahami materi karena gaya belajar yang kurang efektif sehingga dibuat pengembangan AR sebagai media pembelajaran anak SMA dalam mengenal bentuk-bentuk molekul yang biasanya hanya berupa teks dari buku menjadi pemodelan 3 dimensi. Aplikasi yang dibangun berupa sebuah aplikasi berbasis Android. Dalam aplikasi tersebut akan terdapat halaman kamera, pengguna nantinya dapat memindai gambar pola melalui kamera dengan mengarahkan kamera pada gambar pola, kemudian aplikasi akan menampilkan bentuk 3 dimensi dari bentuk-bentuk molekul yang berputar sehingga dapat dilihat secara detail. Aplikasi tersebut dibangun menggunakan Blender, Vuforia, serta Unity. Aplikasi yang dibangun dapat mengenali gambar pola dengan pemindaian dari berbagai arah kamera dengan keberhasilan >75%.
Downloads
References
A. K. Pamoedji and R. S, Mudah Membuat Game Augmented Reality(AR) dan Virtual Reality (VR) degan Unity 3D, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
I. Efendi, "it-jurnal.com," [Online]. Available: https://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/. [Accessed 09 08 2017].
L. Hermawan and M. Hariyadi, "Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015," Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media informasi kampus menggunakan brosur, pp. 81-88, 2015.
S. Suwardi and E. Widiasih, Panduan Pembelajaran Kimia XI untuk SMA & MA, Jakarta: Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional, 2009.