Rancang Bangun Sistem Kehadiran Berbasis Fingerprint Sebagai Portal Aktivitas Praktikum Mahasiswa

Authors

  • Rudi Rosadi Departemen Ilmu Komputer, Universitas Padjadjaran Bandung
  • Erick Paulus Departemen Ilmu Komputer, Universitas Padjadjaran Bandung
  • Akik Hidayat Departemen Ilmu Komputer, Universitas Padjadjaran Bandung
  • Aditya Pradana Departemen Ilmu Komputer, Universitas Padjadjaran Bandung
  • Ino Suryana Departemen Ilmu Komputer, Universitas Padjadjaran Bandung

Keywords:

Potal aktivitas praktikum, Sistem Kehadiran fingerprint, Sistem Informasi

Abstract

Portal aktivitas praktikum mahasiswa merupakan sarana yang dibuat untuk memudahkan dalam hal monitorin segala aktivitas yang berhubungan dengan seorang mahasiswa di laboratorium. Sistem kehadiran atau absensi pada kegiatan belajar mengajar selama ini, dilakukan manual dengan melakukan kegiatan absensi tanda tangan pada kertas Daftar Hadir Mahasiswa dan Dosen(DHMD). Pengembangan sistem kehadiran yang lebih modern dengan memperhatikan kejujuran perlu diadakan sebagai pengganti sistem absensi manual dengan menggunakan kertas. Perancangan dan pembangunan sebuah aplikasi dengan melibatkan mesin fingerprint sebagai alat untuk mengisi kehadiran mahasiswa sekaligus dikembangkan sebagai portal mahasiswa untuk melakukan berbagai aktivitas di laboratorium khususnya aktivitas praktikum. Pembangunan aplikasi dengan disajikan dalam bentuk aplikasi berbasis web. Dengan dibangunnya aplikasi ini diharapkan akan membantu kinerja program studi khususya pada pelayanan kegiatan praktikum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Andi. Yogyakarta.

Al Fatta, Hanif. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern . Yogyakarta : CV Andi Offset, (2007).

Booch, G. James, R. Ivar, J, 2005. The Unified Modeling Language User Guide Second Edition. United State: Addison Wesley Professional.

Roger S. Pressman, 2014, Software engineering: a practitioner's approach (eighth edition)

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
R. Rosadi, E. Paulus, A. Hidayat, A. Pradana, and I. Suryana, “Rancang Bangun Sistem Kehadiran Berbasis Fingerprint Sebagai Portal Aktivitas Praktikum Mahasiswa”, SENTER, pp. 308-313, Jan. 2018.