Simulasi Kinerja Berbagai Topologi Jaringan Berbasis Software-Defined Network (SDN)

Authors

  • Naufal Abyan Faruqi Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Luthfi Nurwadi Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanang Ismail Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dodi Maryanto Gerbang Telekomunikasi dan Informasi, Cimahi Indonesia

Keywords:

Delay, Jitter, OpenFlow, Throughput, SDN

Abstract

Kebutuhan akan teknologi perangkat jaringan di berbagai perusahaan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Performansi jaringan, penambahan konfigurasi yang semakin kompleks dan besar, bagian kontrol jaringan pun akan semakin rumit, tidak fleksibel dan sulit untuk diatur. Software Defined Network (SDN) adalah sebuah pendekatan baru untuk merancang, membangun dan mengelola jaringan komputer dengan memisahkan control plane dan data plane. Protokol yang paling menonjol pada SDN yaitu OpenFlow. OpenFlow adalah Protokol komunikasi antarmuka yang berada antara control dan forwarding layer. Makalah ini membahas simulasi jaringan berbasis SDN, menggunakan tools/aplikasi mininet. Mininet yaitu emulator jaringan opensource yang digunakan untuk penelitian SDN. Tujuan dari simulasi ini melakukan analisa nilai QoS pada berbagai topologi jaringan. Berdasarkan hasil pengujian, QoS yang dihasilkan memenuhi standar ITU – T meskipun mengalami ketidakstabilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Achmadi, “Implementasi dan Analisa Quality of Services ( QoS ) Pada Jaringan Berbasis Software-Defined Networking ( SDN ) Menggunakan SDN Controller OpenDayLight,” Universitas Mercubuana, Jakarta, 2017.

Open Networking Foundation, “SDN Architecture Overview,” Onf, no. 1, hal. 1–5, 2013.

F. Adnantya, S. N. Hertiana, L. Vidya, dan Y. St, “Simulasi Dan Analisis Performansi Protokol Ruting Ebgp Pada Sdn ( Software Defined Network ) Simulation and Perfomance Analysis of Ebgp Routing Protocol on Sdn ( Software Defined Network ),” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 2, hal. 2346–2353, 2015.

I. Ummah, “Perancangan Simulasi Jaringan Virtual Berbasis Software-Define Networking,” Indones. J. Comput., vol. 1, no. 1, hal. 95–106, 2016.

Published

18-01-2018

How to Cite

[1]
N. A. Faruqi, L. Nurwadi, N. Ismail, and D. Maryanto, “Simulasi Kinerja Berbagai Topologi Jaringan Berbasis Software-Defined Network (SDN)”, SENTER, pp. 232–239, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 1345 times
PDF (Bahasa Indonesia) 1139 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>