Sistem Alat Ukur Curah Hujan Otomatis Menggunakan Telemetri Radio Pada Frekuensi 433 MHz

Authors

  • Dinda Jaelani Hidayat Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Faqih Indransyah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Muchammad Fadly Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Nalindera Karismawati Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Rizky Caturiantono Cahyadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Agus Tri Sutanto Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Keywords:

Curah Hujan, Tipping Bucket, 433 MHz, ATMega32

Abstract

Pengamatan curah hujan adalah salah satu rutinitas yang dilakukan di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai salah satu kegiatan yang berfungsi untuk pengumpulan data meteorologi dan klimatologi. Jumlah alat ukur curah hujan otomatis di BMKG masih terbatas sehingga kerapatan data yang dihasilkan masih rendah. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dirancangnya alat pemantau curah hujan yang dapat bekerja secara otomatis mengirim data tanpa menggunakan kabel sebagai media komunikasi untuk meminimalisir gangguan pengiriman data akibat adanya aktifitas fisik di lingkungan sekitar yang berbiaya rendah dan mudah digunakan. Pada penelitian ini dibuat sebuah penakar hujan otomatis menggunakan sistem telemetri radio 433 MHz. Alat ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri dari sensor reed switch, RTC DS3231, rangkaian pengkondisi sinyal sensor reed switch, minimum sistem AVR Atmega32, LCD 16x2, modul telemetri radio 433 MHz dan PC untuk menampilkan data hasil pengukuran. Perangkat lunak terdiri dari CodeVision AVR yang diprogram menggunakan bahasa C dan Delphi 7. Alat ini telah dikalibrasi dengan instrumen standar di laboratorium kalibrasi BMKG dengan hasil koreksi sebesar 0,21 mm/menit pada set point 50 mm/jam, 0,44 mm/menit pada set point 100 mm/jam dan 0,51 pada set point 150 mm/jam. Data hasil pembacaan dari alat akan ditampilkan pada LCD dan PC secara real time menggunakan aplikasi Delphi 7 sehingga dapat diakses dan disimpan oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mughni. Rancang Bangun Penakar Hujan Otomatis Dengan Tampilan Lcd Menggunakan Mikrokontroler AVR ATMEGA 16. Program Studi Instrumentasi. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. 2014.

Satria, Budi. Siregar, Plato M. Otomatisasi Penakar Hujan Dengan Mikrokontroler menggunakan Jaringan GSM. Program Studi Meteorologi, FITB. Institut Teknologi Bandung. 2012.

Manullang, Valentina S. Tamba, Takdir. Modifikasi Penakar Hujan Otomatis Tipe Tipping Bucket Dengan Hall Effect Sensor ATS276. Kelompok Keilmuan Fisika Instrumentasi, FMIPA. Universitas Sumatera Utara. 2012.

Saputra, Hendra D. Nurussa’adah. Rif’an, Muhammad. Perancangan dan Pembuatan Sensor Curah Hujan Tipe Tipping Bucket dengan Tampilan LCD. Kelompok Keilmuan Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Universitas Brawijaya. 2013.

Evita, M. Mahfudz, H. Suprijadi. Djamal, M. Khairurijal. Alat Ukur Curah Hujan Tipping Bucket Sederhana dan Murah Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Otomatisasi Kontrol dan Instrumentasi. 2010. Vol.2 (ISSN:2085-2517).

Published

2018-01-18

How to Cite

[1]
D. J. Hidayat, F. Indransyah, M. Fadly, N. Karismawati, R. C. Cahyadi, and A. T. Sutanto, “Sistem Alat Ukur Curah Hujan Otomatis Menggunakan Telemetri Radio Pada Frekuensi 433 MHz”, SENTER, pp. 202-211, Jan. 2018.

Most read articles by the same author(s)