Analisis Silabus Modul Elektronika Pada Program Basic Certificate Untuk Teknisi Perawatan Pesawat Udara

Authors

  • Wowo Rossbandrio Politeknik Negeri Batam
  • Dwi Kartikasari Politeknik Negeri Batam

Keywords:

elektronika, silabus, teknisi pesawat

Abstract

Setiap personil yang bertugas merawat pesawat udara diwajibkan memiliki basic license yang berlaku internasional sesuai dengan regulasi Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Dengan menggunakan sejumlah referensi dari ICAO Doc 7192, EASA part 66 Appedix I, dan FAA Technical Handbook, maka PT GMF AeroAsia bekerja sama dengan 8 perguruan tinggi rekanannya merumuskan silabus modul elektronika yang diajarkan kepada peserta training teknisi perawatan pesawat udara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis silabus tersebut. Silabus menjabarkan kebutuhan pembelajaran matematika selama 65 jam teori dan 32,5 jam praktik yang dibagi menjadi 3 bab yang dianggap sangat relevan untuk mendukung pekerjaan seorang teknisi pesawat yaitu semi konduktor, printed circuit board, dan mekanisme servo. Dari ketiga bab ini, bab semikonduktor dianggap memiliki relevansi tertinggi untuk profesi teknisi pesawat udara dibuktikan dengan jumlah jam pembelajaran yang dominan, level pemahaman yang lebih tinggi dan diwajibkannya praktikum untuk materi/subyek tersebut. Level pemahaman yang ditargetkan untuk pembelajaran elektronika bervariasi dari dari tingkat 2 sampai 3, dimana tingkat 2 berarti peserta training harus mampu memahami dasar teori suatu subyek dan tingkat 3 berarti peserta training selain harus memahami teori suatu subyek juga memahami hubungan subyek itu dengan subyek lainnya. Praktikum elektronika mencakup karakteristik dioda, membuat sirkuit penyearah dengan filter, dan mengidentifikasi transistor. Ketika praktikum, penilaian sikap sama pentingnya dengan penilaian hasil kerja dan waktu penyelesaian pekerjaan. Analisis ini diharapkan bermanfaat untk memperkaya literatur pendidikan elektronika terapan khususnya yang relevan dengan profesi teknisi perawatan pesawat udara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesian Aircraft Maintenance Shop Association, Aviation MRO Indonesia. (2015). http://www.amroi2015.com/day_1

Ministry of Transportation, Directorate General of Civil Aviation, Civil Aviation Safety Regulation Part 147, Aircraft Maintenance Training Organization. (1997)

Ministry of Transportation, Directorate General of Civil Aviation, Civil Aviation Safety Regulation Part 65 Appendix C, Licensing of Aircraft Maintenance Engineer. (2000)

Dwi Kartikasari, Priyono Eko Sanyoto. Recognition of Prior Learning Breakthrough in Aircraft Maintenance Curriculum. Proceeding of Ocean, Mechanical and Aerospace -Science and Engineering-. Batam. 2015; 2:1-5.

Integrated Training System. Module 4 Electronics Fundamental for EASA Part-66. License category B1. 2010.

Published

25-01-2018

How to Cite

[1]
W. Rossbandrio and D. Kartikasari, “Analisis Silabus Modul Elektronika Pada Program Basic Certificate Untuk Teknisi Perawatan Pesawat Udara”, SENTER, pp. 30–36, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 230 times
PDF (Bahasa Indonesia) 206 times