Perancangan Automasi Hotwell Pump dan Gas Extraction System di PLTP Unit IV PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang

Authors

  • Sinta Novtafiani Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siddhi Adhikihal PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang
  • Eki Ahmad Zaki Hamidi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Automasi, Interlock, Start Up Unit, Hotwell Pump, Gas Extraction System

Abstract

Indonesia memiliki cadangan 40% panas bumi yang ada dunia. Pemanfaatan panas bumi secara tidak langsung yaitu dengan memanfaatkan panas bumi menjadi sumber energi untuk diubah menjadi energi listrik. Dalam proses pengolahan energi panas bumi menjadi energi listrik di pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), terdapat komponen atau equipment-equipment penting yang menunjang proses tersebut. Maka diperlukan perawatan agar komponen tersebut tetap bisa bekerja maksimal. Sistem instrumentasi dan control berperan penting dalam pemeliharaan peralatan. Automasi merupakan implementasi dari sistem instrumentasi dan control. Start up unit merupakan suatu kegiatan untuk menghidupkan kembali unit yang shut down karena ada perbaikan atau telah mengalami unit trip. Hotwell Pump (HWP) dan Gas Extraction System (GES) merupakan bagian yang penting pada proses start up unit. Waktu pelaksanaan start up unit relatif panjang sehingga dilakukan automasi pada kedua objek ini untuk memaksimalkan waktu start up unit. Automasi dilakukan dengan cara perancangan interlock dan control diagram, timing diagram, sequence list dan execution step, logic progress serta perancangan control valve pada proses Gas Extraction System untuk menunjang automasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saptadji Neni. 2008. Sekilas Tentang Panas Bumi. ITB : Bandung.

Smith, Carlos A & Carripio, Armando B. Principles And Practice Of Automatic Process Control, 2nd Edition, John Wiley & Sons, Inc.

PT PGE Area Kamojang. 2015. Asset Health Report Semester 2 2015. 2015.

PT PGE Area Kamojang. 2008. Piping and Instrument Diagram AS-BUILT.

Published

25-01-2018

How to Cite

[1]
S. Novtafiani, S. Adhikihal, and E. A. Z. Hamidi, “Perancangan Automasi Hotwell Pump dan Gas Extraction System di PLTP Unit IV PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang”, SENTER, pp. 97–108, Jan. 2018.

Viewed

Abstract 692 times
PDF (Bahasa Indonesia) 906 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2