“SMART DAMRI” sebagai Perbaikan Layanan Transportasi Publik pada Konsumen

Authors

  • Lely Meiliani STMIK”AMIKBANDUNG”
  • Christina Juliane STMIK”AMIKBANDUNG”

Keywords:

Macet, Transportasi Publik, SMART DAMRI, Prototype

Abstract

Kemacetan adalah salah satu dampak yang terjadi dari buruknya layanan transportasi publik yang diberikan. Salah satu transportasi publik yang sangat diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan adalah moda transportasi Bis DAMRI. Dalam perjalanannya, ada banyak persoalan yang menjadi penghambat Bis DAMRI menjadi moda tranportasi yang berkontribusi mengatasi kemacetan, diantaranya adalah buruknya kesadaran pengemudi dan penumpang yang menaik-turunkan penumpang disembarang tempat, yang justru menjadikan Bis DAMRI sebagai salah satu penyebab kemacetan. Penelitian ini ditujukan untuk membangun sebuah prototype aplikasi pintar berbasis mobile yang diberi nama “SMART DAMRI” sebagai perbaikan layanan transportasi publik di Kota Bandung. Aplikasi pintar ini akan memberikan informasi kepada konsumen terkait posisi, lamanya waktu tunggu, dan sisa kuota penumpang dari Bis DAMRI yang hanya dapat diakses dari halte bis terdekat. Hal ini ditujukan untuk mendorong konsumen agar naik dan turun dari halte bis sehingga dapat mengurangi kemacetan. Metode pengembangan yang digunakan adalah prototyping dengan alat bantu implementasi menggunakan javascript. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi membangun kesadaran “bertransportasi publik” yang baik bagi konsumen dan pengemudi sehingga dapat menciptakan suasana tertib berlalu lintas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Perum Damri cabang kota Bandung

Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kota termacet di RI, 21 Oktober 2014, 16:30 WIB, diakses dari http://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-2725620/ini-kota-termacet-di-ri-bogor-nomor-1-dan-bekasi-nomor-6

Haryono sukarto,Pemilihan model transportasi di DKI Jakarta dengan analisis kebijakan proses hirarki analitik.Pemilihan model transportasi di DKI Jakarta.2008;3(1):25. (Pada kasus ini Vol.3,persoalan 1, dan halaman 25)

Asih S,Iwan P.Perbandingan pelayanan TMB koridor 1 dan koridor 2 kota Bandung.Perencanaan wilayah dan kota.2015;4(3):471-472. (Pada kasus ini Vol.4,persoalan 3, dan halaman 471-472)

Pressman,Roger S.Software Engineering (a practitioners approach).New york:McGraw-Hill Education.2014

Lee,sunguk.Unified modelling language (UML) for database sistems.International
journal of database theory and application.2012

Published

2018-01-25

How to Cite

[1]
L. Meiliani and C. Juliane, “‘SMART DAMRI’ sebagai Perbaikan Layanan Transportasi Publik pada Konsumen”, SENTER, pp. 1-9, Jan. 2018.